Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMA Negeri 1 Cibadak Sukabumi

 

Walaupun belum masuk ajaran baru, tapi gak ada salahnya kalau ane posting info seputar sekolah. SMAN 1 Cibadak atau disingkat Smandak/Smundak ini katanya termasuk sekolah favorit di wilayah Kab. Sukabumi.

Sepengetahuan ane sih, udah banyak prestasi yang dibuat siswa, guru atau pak kepala sekolahnya. Jadi buat temen-temen yang sedang duduk di kelas IX SMP/MTs yang masih bingung mau ngelanjutin sekolah dimana (khususnya di Sukabumi), Smandak bisa jadi salah satu pilihannya. Selain di bidang akademik, di SMA ini ditonjolkan juga program IMTAQ (denger-denger sampai dapat penghargaan Tk. Nasional). Cuma setau ane, di Smandak belum 
ada kelas Akselerasi.

Saran aja : Kalo temen-temen masuk SMA yang bagus, biasanya (yg ane rasain) info kuliah dan prospek melanjutkan kuliah lebih mudah, insyaAlloh. So, keep spirit and Fighting!!!

A. Syarat-Syarat Pendaftarannya sesuai dengan Program Penerimaan Siswa Baru Th. Akademik 2010/2011 :
  • Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Orang Tua ( disiapkan Panitia )
  • Photo Copy Raport Kelas VII sd. Kelas IX ( semester 1 ) yang telah dilegalisir Kepala Sekolah masing – masing sebanyak 1 lembar
  • Photo Copy sertifikat /Piagam atas prestasi yang diraih dari berbagai bidang ( jika ada ) sebanyak 1 lembar
  • Photo Copy Sertifikat Kursus Bahasa Inggris dan Komputer ( jika ada ) 1lembar
  • Photo Copy Akta Kelahiran sebanyak 1 lembar
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik / Bebas Narkoba dari Sekolah asal
  • Pas Photo : 3 x 4 Cm : 2 lembar dan 2 x 3 Cm : 2 lembar
  • Biaya seleksi Achievement test, tes bahasa Inggris, minat, bakat dan kepribadian : Rp 125.000,00 ( seratus dua puluh lima ribu rupiah ) 
B. Cara Daftarnya gimana ?
Bisa dilakukan secara online melalui webnya PSB Smandak atau datang langsung ke SMAN 1 Cibadak (Jalan ke arah Pelabuhan ratu, deket Polsek Cibadak). Pendaftaran bisa dilakukan secara PERORANGAN atau KOLEKTIF oleh PIHAK SEKOLAH. Pendaftar yang berasal dari luar Kabupaten Sukabumi harus melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan 
Kabupaten Sukabumi

C. Waktu Pendaftarannya ?
Berdasarkan pelaksanaan PSB thn lalu pendaftaran biasanya dilakukan pada bulan APRIL-MEI. Jadi, Kalau udah deket waktunya, dipersiapkan segala sesuatunya. IBerikut ini sebagian jadwal pelaksanaan PSB thn lalu :

  • Pengambilan Formulir Pendaftaran : Tanggal 12 sd 18 April 2010
  • Penyerahan Formulir/Berkas Pendaftaran: Tanggal 19 April s.d 08 Mei 2010
  • Pengambilan Kartu Peserta : Tanggal 12 s/d 15 Mei 2010
D. Tes masuknya apa aja?
Karena Smandak Rintisan Sekolah Berstandar Internasional , maka tesnya lumayan banyak. Walaupun banyak, jangan dulu pesimis. Tesnya nggak seseram yang dibayangin kok..hehehe. Ini dia tahapannya :


1. Seleksi Administrasi
Mencakup seleksi penilaian raport SLTP kelas VII s.d. kelas IX (semester 1), peringkat sekolah : 1,2, 3 Jika ada. Sertifikat/piagam penghargaan dan sertifikat kursus Bhs. Inggris/komputer jika ada (mungkin dapat menjadi nilai tambah)

2. Tes Akademik (Tes Tulis) mencakup mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia

3. Tes Kemampuan Bahasa Inggris mencakup : structure, reading, listening. Writing dan Speaking. Biasanya, tes ini dilakukan
oleh guru Bhs. Inggris setempat dengan cara mewawancarai calon siswa. Peserta akan ditanya mengenai tenses, perkenalan diri, motivasi masuk ke Smandak dll pake Bhs. Inggris. Jadi siapin aja dari sekarang konsep jawabannya, siapa tahu seperti itu.

4. Tes Psikologi/Psycho Test (tes yang dilakukan untuk mengukur IQ dan mengetahui kepribadian calon siswa)

5. Wawancara dengan calon siswa dan orang tua atau wali siswa, untuk mengetahui tingkat minat siswa dan dukungan orang tua yang dibuktikan dengan surat pernyataan kesediaan mengikuti program RSBI.



E. Jumlah Siswa yang diterima?

Jumlah siswa yang diterima tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 256 siswa. Rincian nama siswa yang diterima dapat dilihat di Calon Siswa Baru Yang Diterima Di SMAN 1 Cibadak Th. 2010/2011. 


F. PENTING : ternyata ada keringanan biaya buat temen2 yg pengen daftar namun tergolong tidak mampu. Hal ini ane lihat pada ketentuan umum pendaftaran :
Kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru pada SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional terbuka seluas-luasnya bagi peserta didik SMP atau yang sederajat baik negeri maupun swasta, yang memenuhi persyaratan serta sudah mengakomodir calon peserta didik cerdas dan berpotensi dari keluarga tidak mampu.
Biaya seleksi calon peserta didik baru diatur seringan mungkin sehingga tidak menutup kesempatan bagi peserta didik cerdas yang berprestasi yang mengalami hambatan ekonomi.

Guru-Guru SMAN 1 Cibadak (Pak Ade, Pak Asyari, Pak Yusman, Bu Ria dll.)
 
Further Info bisa hubungi langsung SMAN 1 Cibadak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 72 Telp. (0266) 531001, 531690 Fax. (0266) 535431, dikhawatirkan ada perubahan peraturan seleksi. E-mail : sman1cibadak@yahoo.co.id Website : sman1cibadak.sch.id 

*Sekian dulu, moga bermanfaat*
 

Posting Komentar untuk "SMA Negeri 1 Cibadak Sukabumi"