Tuesday, 15 November 2011

Tes IQ & Tes Kepribadian GRATIS



TES POTENSI AKADEMIK DAN TES KEPRIBADIAN


Beberapa hari ini saya sedang mencoba berlatih mengerjakan soal-soal tes psikologi/psikotes. Beberapa diantaranya berupa tes penalasan logis, tes verbal, tes kuantitatif, tes ketelitian dan klerikal, tes menggambar manusia atau pohon (tes Draw A Man - Bauman Test), Wartegg tes (melanjutkan gambar yang sudah ada), tes kepribadian dan tes kematangan. Saya melakukan latihan tersebut melalui buku yang memang sengaja saya beli.

Berlatih secara manual melalui kertas ternyata lumayan membosankan, apalagi saya mengoreksi sendiri hasil latihan tersebut. Lalu terpikirlah ide untuk mengikuti beberapa tes online dengan berselancar di internet. Saya sudah mencoba beberapa tes di bawah ini dan hasilnya langsung dapat kita terima. Bagi Anda yang ingin mencoba menghitung berapa skor IQ Anda, dapat mencoba menjalankan flash di bawah ini. Jika sudah selesai klik submit. Jika ingin mengulang tes, tinggal klik kanan lalu pilih play. Selamat mencoba!!





Selain tes IQ secara kuantitatif, terdapat tes lain secara parsial. Tes tersebut akan terbagi ke dalam dua kelompok, pertama Tes Potensi Akademik /Tes IQ (menguras tenaga buat mikir) dan kedua tes kepribadian (menggambarkan gimana personality kita). Tes Potensi Akademik biasanya digunakan untuk menjaring mahasiswa baru atau calon pegawai baru baik PNS maupun Swasta berdasarkan tingkat kemampuan beberapa kategori di atas seperti ketelitian dan penalaran.


TES POTENSI AKADEMIK


Berikut ini beberapa link tes yang dapat langsung dicoba. Cekibrot!

1. Analogi Verbal (Korelasi Makna)
Contoh soal Makan : Lapar = Minum : ....
Jawab : haus

2. Antonim (Lawan Kata)
Contoh soal Lapar >< ....
Jawab : Haus

3. Sinonim-Antonim
Menentukan soal yang disediakan, apakah termasuk Sinonim (S) atau antonim (A)

4. Meneruskan Deret Angka
Mencari pola deretan angka yang disediakan dan menentukan angka selanjutnya. Contoh 1,3,5,7,9,11,... Jawab : deret tersebut merupakan deretan bilangan ganjil sehingga angka selanjutnya adalah 13 dan 15.

5. Menghitung Cepat

6. Menghitung Cepat 2

7. Informasi Singkat 1

Menuliskan kata sesuai dengan clue/pernyataan yang terdapat pada soal. Contoh pernyataan : "Bulan Ketiga Masehi" maka jawab dengan mengetikkan kata "Maret".

8. Informasi Singkat 2

9. Kemampuan Teknikal (Menghitung)

10. Tes Ketelitian 1
Menguji ketelitian kita dengan membandingkan dua kumpulan huruf apakah sama atau tidak. Jika sama berikan tanda S dan T untuk jawaban tidak sama.

11. Tes Ketelitian 2

12. Tes Kuantitatif (Menghitung) 1

13. Tes Kuantitatif (Menghitung) 2

14. Tes Penalaran Analitis

15. Tes Penalaran Logis 1

16. Tes Penalaran Logis


17. Sinonim

Sumber : ggkarir.com




TES KEPRIBADIAN


Kepribadian Manusia
Berikut ini beberapa tes kepribadian yang dapat teman-teman coba. Tes-tes berikut ini menggambarkan seperti apa kepribadian kita berdasarkan hasil analisis jawaban yang kita diberikan. Oleh karena itu jawablah dengan SEJUJUR-JUJURNYA agar hasil yang diperoleh optimal.

Pastikan anda mengerti instruksi pengerjaan sebelum memulai setiap tes. Beberapa tes di bawah ini memerlukan alamat e-mail karena hasil tes akan dikirim ke alamat e-mail kita. Bagi yang belum memilikinya dapat membuat e-mail gratis di yahoo/google mail, Selamat mencoba...

Tes ini memberikan gambaran kepribadian kita dalm bekerja, kecenderungan sikap, emosi dsb.

Tes ini berhubungan dengan profesi yang cocok dipilih, sesuai minat dan bakat kita.

Tes ini digunakan untuk menggambarkan seberapa jauh kita berpikir positif terhadap diri kita sendiri, karakter yang menonjol serta seberapa kuat karakter kita dalam hidup.


Pada tes ini kita diberikan pertanyaan/pernyataan dan kita diperintahkan untuk menjawab apakah pertanyaan/pernyataan tersebut "sangat sesuai", "sesuai" atau "tidak sesuai" dengan kepribadian kita. Hasilnya akan menggambarkan bagaimana kepribadian kita secara umum.


Hampir sama dengan tes kepribadian IPIP Neo, namun pilihan jawaban lebih banyak.

Pada tes ini kita diperintahkan untuk memilih pernyataan-pernyataan yang paling/lebih sesuai dengan diri kita (Most) atau paling/lebih tidak sesuai (Least).


Pada tes ini kita diperintahkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut kepribadian kita, seperti kecenderungan bersosial, berpendapat, mengambil keputusan dan dimensi lain dari kepribadian manusia.


Pada tes ini kita diperintahkan menentukan apakah kita (sangat) setuju atau (sangat) tidak setuju dengan pernyataan yang diberikan. Pertanyaan tersebut tentu berhubungan dengan kepribadian manusia.


Pada tes ini kita diperintahkan menentukan apakah kita (sangat) setuju atau (sangat) tidak setuju dengan pernyataan yang diberikan. Pernyataan tersebut menyangkut sikap-sikap kita dalam menghadapi hidup ini.


Sumber : psikometrika.com



* Semoga bermanfaat, Jazakumulloh sudah mampir... *

0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife