Monday, 6 February 2012

Belajar Bahasa Jerman : E-book, Modul Bahasa Jerman Gratis


Belajar Bahasa Jerman : E-book & Modul 
Bahasa Jerman Gratis


Wie geht es Ihnen? lasst uns Deutsch Sprache lernen. Saya mau sok-sok'an ngomong Bahasa Jerman ah, siapa tahu bisa kuliah di sana #hope. Maksud dari kalimat tadi adalah "Apa kabar?", "Belajar Bahasa Jerman Yuk". Maaf aja kalau grammar nya salah, soalnya hasil translate mbah google.hehe...  Kalau ngomongin Jerman, saya teringat pada tokoh nasional yang luar biasa yakni Bapak B.J. Habibie. Setelah lulus dari ITB, beliau melanjutkan kuliah di Jerman dan bekerja di sana. Sama seperti beberapa bahasa daerah di Indonesia, ternyata Bahasa Jerman memiliki 18 jenis dialek (Jerman Tengah dan Jerman Dataran Tinggi, tidak termasuk Jerman Dataran Rendah dan Yiddish).

Anyway, kenapa kita harus belajar Bahasa Jerman ya, apa sih keunggulan bahasa Jerman?. Banyak banget alasan mengapa kita harus belajar bahasa asing, especially Deutsch, such as :
  • Deutsch is important language to communicate in international level. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman dan sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Bahasa Jerman menjadi bahasa ibu bagi 100 juta orang yaitu penduduk negara Jerman, Austria, Swiss, Liechtenstein, Luxembourg, Belgia (German-speaking community of Belgium), Italia (Province of Bolzano-Bozen). Bahasa jerman menempati urutan ke-12 bahasa yang paling umum digunakan di dunia dengan persentase sebesar 2,1% dari populasi dunia. 
  • Bahasa jerman adalah bahasa yang penting untuk perdagangan. Jerman adalah negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industri-perdagangan paling penting bagi indonesia di Uni Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, bahasa Jerman menjadi linguafranca regional di negara-negara eropa tengah dan timur. Karena kemampuan lintas budaya merupakan kualifikasi kunci untuk bisnis yang sukses saat ini, kecakapan bahasa Jerman membantu anda membuka pasar baru dan menjadi sukses di bisnis global dan di pasar tenaga kerja internasional.
  • Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan. Di abad 19 bahasa Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan sastra menduduki posisi penting di dunia, lebih penting dari bahasa Perancis dan dalam hal tertentu bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dominan untuk pengetahuan dan sastra. Namun dalam jaringan kerjasama internasional dan lintas disiplin di tingkat global, bahasa Jerman masih banyak dipakai. Masyarakat Jerman modern mendasarkan diri pada pengetahuan: pengetahuan dan penelitian menempati kedudukan kuat dalam kehidupan umum di Jerman.
  • Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan dapat membuka wawasan intelektual Anda. Kebudayaan Jerman mewujudkan diri dalam berbagai bentuk seperti bentuk sastra dan musik, teater dan film hingga ke arsitektur, lukisan, filosofi dan seni. Pengetahuan bahasa Jerman memungkinkan Anda mengenal satu dari banyak kebudayaan besar Eropa dalam bentuk aslinya. Di dunia sastra – goethe, schiller, kafka, grass -, dunia musik – bach, mozart, beethoven, wagner -, filosofi – luther, kant, schopenhauer, nietzsche -, atau psikologi -freud, adler, jung – atau juga dunia penelitian dan pengetahuan – kepler, einstein, röntgen, planck – bahasa jerman adalah bahasa bagi pikiran besar.
  • Bahasa jerman membuka pintu dunia agar Anda dapat kuliah di universitas Jerman. Meskipun kuliah internasional di  jerman memungkinkan Anda studi tanpa pengetahuan bahasa Jerman, namun penguasaan bahasa jerman tentu akan menguntungkan jika anda menguasainya. Jika kuliah internasional tidak tersedia, anda harus membuktikan bahwa anda memiliki kemampuan bahasa Jerman yang memadai sebelum memulai kuliah. Oleh karena itu, penguasaan bahasa akan memberikan pilihan kuliah lebih luas.
  • Perusahaan Jerman di indonesia dan perusahaan asing di Jerman mencari ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman. Di uni Eropa, para ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman biasanya mendapat kesempatan pelatihan, studi dan pekerjaan yang menarik. Selain itu, Indonesia sebagai negara tujuan wisata banyak dikunjungi turis-turis asing yang berbahasa Jerman seperti dari Jerman, Austria dan Swiss. Bagi mereka yang bekerja di industri pariwisata, kemampuan bahasa Jerman merupakan investasi yang bagus.


Cara Membaca Tulisan Jerman 


Sambil nunggu proses download ebook nya (link ada di bagian bawah), baca dulu cara membaca bahasa Jerman. Membaca bahasa Jerman ternyata sama dengan bahasa Indonesia. Yang membedakannya adalah :

# Bentuk umlaut (ä,ü dan ö):
(ä dibaca e seperti pada kata bebek)
->contoh: (Anak perempuan) Mädchen dibaca Medchen
(ü dibaca u tapi mulut sedikit dimonyongkan)
->contoh: (Pulpen) Füller dibaca Fuuller
(ö dibaca eu seperti pada kata peuyeum)
->contoh: (Mendengar) Hören dibaca Heuren

# Bentuk lain:
->eu dibaca oi contoh: (mata uang) Euro dibaca Oiro
->ei dibaca ai contoh: (Polisi) Polizei dibaca Policsai
->z dibaca seperti c dan s contoh: (Kereta Api) Zug dibaca Csug
->j dibaca y contoh: (anak kecil cowok) Junge dibaca Yunge
Sangat mudah membaca lafal kata dalam bahasa Jerman, karena kebanyakan lafalnya mirip dengan bahasa Indonesia. Asal tertib memakai aturan2 di atas, kita sudah bisa sukses bicara dengan lafal yang benar. Jika dibandingkan dengan bahasa Inggris, lafal bahasa Jerman lebih bersahabat.


Link Download ebook - Modul Bahasa Jerman. Silakan disedot gan!


1.   Kamus Indo-Jerman  Kamus Indonesia-Jerman.pdf Oleh O. Solihin
2.   Ebook Grammar Bahasa Jerman  Ebook Grammar Bhs Jerman Pdf
3.  Ebook dari Was Ist Los  ini terbagi menjadi 12 bagian. Anda dapat mendownload per bagian atau langsung full ebook. Language: English - Germany Kelebihan ebook ini adalah pembahasan yang interaktif disertai gambar.
4.  Ebook Bahasa. Jerman Full Belajar Bahasa Jerman FULL.21 ebook.rar.
5.  Ebook Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman Cara mudah dan praktis berbahasa Jerman pdf
6.  Ebook Pelajaran Bahasa Jerman SMA Panduan UN Bahasa Jerman SMA 1
7.  Blog yang aktif memberikan pelajaran Bahasa Jerman http://syams.wordpress.com/
9.  Soal Latihan Bahasa Jerman  klik di sini
15. Paket belajar Bahasa Jerman :

Sumber :
http://imisup.blogspot.com/2009/11/tips-belajar-bahasa-jerman.html
http://tina.blogsome.com/2005/07/28/cara-membaca/  dan berbagai sumber lainnya.

1 comments:

Anonymous said...

Makasih atas postingannya
sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife