Tuesday, 7 February 2012

Belajar Bahasa Mandarin : Ebook & Modul Bahasa Mandarin Gratis


Belajar Bahasa Mandarin : Ebook & Modul 
Bahasa Mandarin Gratis
-


Belajar bahasa asing lagi yuk. Kalau postingan sebelumnya saya menampilkan Modul dan ebook Bahasa Jerman, sekarang kita akan mencoba belajar bahasa Mandarin. Saya pernah mendengar kalau Bahasa Mandarin itu cukup sulit dipelajari karena kerumitan penulisan dan diksinya. Nah, kalau tahu sulit, kenapa harus belajar Bahasa Mandarin? Untuk menjawabnya saya akan jelaskan beberapa alasan mengapa kita dianjurkan mempelajari Bahasa Mandarin.  

1. Bahasa Mandarin Merupakan Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan Di Seluruh Dunia (Bahasa Hampir Seperempat Dari Penduduk Dunia)  
Dengan penduduk China yang mencapai 1.5 Milyar juta jiwa d memberikan predikat pada bahasa Mandarin sebagai bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia. Selain itu, Bahasa Mandarin pun tersebar tidak hanya di Asia saja, namun juga di Amerika, Eropa, belahan dunia lain (keturunan China dan imigran asal China yang tersebar di berbagai belahan dunia).
 
 
2. Bahasa Mandarin Merupakan Bahasa Yang Menjadi Sorotan Dunia Untuk Dipelajari Saat Ini  
Pertumbuhan pemakai bahasa Mandarin di seluruh dunia terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan di beberapa belahan dunia misalnya Korea Selatan, permintaan akan pembelajaran bahasa Mandarin telah melampaui kelas dan buku-buku teks bahasa Inggris. Negara-negara tetangga kita seperti Singapura sejak tahun 1991 sudah memiliki program ”Speak Mandarin Campaign” bagi warga negaranya  agar menggunakan bahasa Mandarin  dalam sekolah-sekolah berbahasa Inggris. Jika saya tidak salah dengar, bahkan di pesantren Gontor pun, bahasa Mandarin akan dipelajari dan terapkan sebagai bahasa sehari-hari.  

3. Bahasa Dengan Pasar Konsumen Terbesar Di Dunia  
Ada yang percaya, 20 tahun yang akan datang, bahasa mandarin bakal menjadi bahasa yang sangat penting karena terjadi perubahan kondisi dunia masa depan. Hal Ini dikarenakan masyarakat internasioanal mengincar pasar 1,4 miliar orang Tionghoa yang begitu menggiurkan sebagai konsumen penting di dunia bisnis.  

4. Bahasa Dengan Pertumbuhan Perekonomian Tercepat Di Dunia (Bahasa Bisnis Internasional)  
Dengan menguasai bahasa Mandarin kita akan mempunyai peluang dan kesempatan yang lebih banyak. Dengan dibukanya perdagangan bebas ASEAN- China (ACFTA) dan pertumbuhan ekonomi China yang luar biasa menyebabkan penguasaan bahasa Mandarin menjadi salah satu hal yang wajib untuk dikuasai, karena selain peluang usaha dan kesempatan yang semakin terbuka lebar saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang mencantumkan penguasaan bahasa Mandarin sebagai salah satu kualifikasi persyaratan.
Penelitian Ilmiah Membuktikan Bahwa Belajar Mandarin Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak, Meningkatkan IQ dan Memperkuat Efektifitas Belajar, Pada Hasil Di dalam Bidang Ini, Aksara Zhengti Lebih Unggul Dibandingkan Jianti.

5. Penelitian Ilmiah Menunjukkan, Belajar Bahasa Mandarin Berguna Bagi Perkembangan Otak Besar : Meningkatkan IQ Seseorang, Dan Memperkuat Daya Belajarnya.
Efektifitas di dalam bidang itu, huruf zhengti (aksara konvensional) jelas mengungguli huruf jianti (aksara simplifikasi bentukan PKC/Partai Komunis China). Media Perancis pernah memberitakan 10 alasan utama mengapa belajar bahasa mandarin, menganjurkan orang Perancis belajar bicara bahasa Tionghoa. Ahli bahasa Jerman Humboldt menyebut aksara mandarin sebagai “Aksara berpikir”, di dalam berbagai bentuk aksara mandarin, telah terkandung philosophische Arbeit (efek filsafat). Penelitian Ilmiah Membuktikan Bahwa Belajar Mandarin Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak, Meningkatkan IQ dan Memperkuat Efektifitas Belajar.

6. China Merupakan Negara Yang Memiliki Kebudayaan Yang Berpengaruh Besar Di Dunia. 
Dengan menguasai Bahasa Mandarin kita dapat mengetahui kebudayaan Tiongkok dengan baik, berwisata, kuliner, kuliah, serta belajar seni dan warisan budaya China. Jika ingin mendapatkan beasiswa di Taiwan (warga negaranya berbahasa Mandarin) coba buka website http://www.teto.or.id dan kirim e-mail ke rudi@teto.or.id untuk informasi tentang beasiswa Taiwan.
Cara download software dari 'Before You Know It' cukup mudah. Ikuti saja langkah berikut ini.
    1. Buka website www.byki.com
    2. Klik FREE LANGUANGE SOFTWARE DOWNLOADS di sebelah kiri
    3. Pilih (click) languange yang ingin Anda download
    4. Masukkan alamat e-mail anda
    5. Click “get download”
    6. Click alamat link yang diberikan, bisa lewat e-mail ataupun langsung muncul di halaman website. Insya allah gak ngefek.
    7. Ikuti instruksi selanjutnya, Anda akan download file BYKIdowloaderPC sebesar 111 kb
    8. Kemudian run file itu untuk ndownload software dan list languange yang sudah Anda pilih. Jadi harus tetap online.
    9. Kalo sudah selesai, ya sudah tinggal dimainkan aja.
    10. Penting: hapus dulu temporary file di PC Anda menggunakan disk cleanup, dan jangan ngaktifkan anti virus apapun ketika proses download.
    11. Software bisa dimainkan tanpa harus online.
      Dalam software 'Before You Know It' kita bisa belajar bermacam bahasa, mulai dari Arab sampai Vietnamese. Jika dihitung-hitung mungkin sekitar 40-an bahasa dunia, termasuk Chinese dan Indonesia ada di software tersebut. Melalui software itu, Anda bisa mengetahui tulisan Mandarin dari percakapan sehari-hari, bagaimana membunyikannya (suara) dan artinya dalam bahasa Inggris. 
      Di list bahasa Mandarin, Anda dapat men-download sekitar 150 an kata/ kalimat sederhana yang ditampilkan. Jika ingin mendownload lebih banyak lagi, Anda dapat memilih paket berbayar, yaitu versi deluxe. 

      7. Terdapat Beberapa Website Lain Yang Dapat Menjadi Referensi Belajar Bahasa Mandarin. Check It Out !
      Ini saya rekomendasikan lagi satu website yang menarik. Silahkan dibuka dan dinikmati masing-masing menunya.
      Menurut saya website tersebut lumayan user friendly dan bisa membantu menguasai chongwen untuk tingkat dasar.

      Sambil menunggu proses download, ada baiknya kita mengetahui cara pelafalan atau cara berbicara dalam bahasa Mandarin. Cara pelafalan atau cara berbicara dalam bahasa Mandarin dibagi menjadi 2, yaitu : 
      1. Pelafalan Huruf Vokal 
      2. Pelafalan Huruf Konsonan.
      1. Pelafalan Huruf Vokal

      2. Pelafalan Konsonan    

       
      Pelafalan Nada
      Dalam Bahasa Mandarin, nada atau shengdiao (baca : sengtiao) berperan penting sebagai salah satu pembeda kata-kata yang berbunyi sama. Kalau salah mengucapkan nada, bisa-bisa orang lain salah menangkap makna kata yang kita maksud. Ada 4 nada yang membedakan makna dan pelafalan, yakni sebagai berikut :

      1. Nada Datar dilambangkan dengan nada “-” diatas huruf pinyin/ huruf bacanya.Cara membacanya datar dan panjang. Contoh : seperti yang terdapat pada kata Mama (Ibu) yang dibaca mendatar dan panjang.

      2. Nada Naik dilambangkan dengan tanda “/” diatas huruf pinyin/ huruf bacanya.Cara membacanya naik dan agak tinggi dibanding nada datar. Contoh : seperti yang terdapat pada kata Ma (bintik/serat) yang dibaca agak naik dan tinggi.

      3. Nada Melengkung dilambangkan dengan tanda “v” diatas huruf pinyin/ huruf bacanya.Cara membacanya naik, kemudian menurun (mendayu). COntoh : seperti yang terdapat pada kata Ma (kuda) yang dibaca dengan nada mendayu.

      4. Nada Menurun dilambangkan dnegan tanda “\” diatas huruf pinyin/ huruf bacanya.Cara membacanya menurun dan tegas. Contoh seperti yang terdapat pada kata Ma (Marah) yang dibaca menurun dan tegas.
      Nah seperti yang disebutkan di atas tadi. Kalau menurut cara pembacaan bahasa mandarin, artinya bisa berbeda beda walaupun cara ngebacanya sama.
      * MA (Nada Datar) = Ibu
      * MA (Nada Naik) = Bintik/Serat
      * MA (Nada Melengkung) = Kuda
      * MA (Nada Menurun) = Marah
       


      Contoh bahasa Mandarin KW 9 (Only Jokes)
      1. ​‎​Tidak izin : Lu lan chang
      2. Tidak setia : Lu she rong
      3. Badan Gede : Lu king kong
      4. Tdk sopan : Lu sin chan
      5. Tdk tau diri : Lu xia lan
      6. Yg norak : Wong kam fung
      7. Yg jago : Wong fei hung
      8. Yg suka bbm : Wong san thai
      9. Yg suka ngerjain : Wong ie sheng
      10. Yg sedang baca  : Wong xin thing
      11. Yg buat ini: Wong khe ren hehe...
      Sumber :
      http://alief.wordpress.com/2007/05/29/software-belajar-bahasa-mandarin/
      http://www.clcbahasamandarin.com/article/58-mengapa-kita-harus-belajar-bahasa-mandarin
      http://gugling.com/2011/02/17/belajar-bahasa-mandarin-pelafalan-dan-nada-basic-teori-part-1/
      http://copyandvaste.blogspot.com/2011/01/belajar-bahasa-mandarin-yoook.  
      http://www.mandarin.web.id/
      *Sekian dan Terima Kasih*

      0 comments:

      Post a Comment

       
      Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife