Friday, 10 February 2012

Penerimaan Siswa Baru SMA Unggulan Ar Rahman Boarding School Sukabumi TP 2012/2013


Penerimaan Siswa Baru SMA Unggulan Ar Rahman Boarding School Sukabumi Tahun 2012/2013


PONDOK PESANTEREN AR-RAHMAN
Kp. Nyalindung RT 13/RW 14, Kec.Bojong Genteng
Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat
Telp. 0266 - 7077529 Email : contact@ar-rahman.sch.id

Program Unggulan

Mengapa harus unggul ?
Seperti telah disampaikan di awal bahwa percaturan dunia saat ini telah mengglobal dan telah melewati batas-batas ruang dan waktu sehingga untuk dapat bersaing kita harus menjadi sebuah bangsa yang bermartabat, berdaulat dan unggul tidak saja secara kuantitas tapi juga secara kualitas. Dan kualitas suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas individu – individu yang ada di dalamnya, jadi kualitas bangsa adalah akumulasi dari kualitas setiap individu. Untuk itulah pendirian Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Ar-Rahman tidak hanya saja untuk menambah kuantitas tapi lebih jauh bertujuan untuk merespon kebutuhan bangsa di masa yang akan datang akan hadirnya para generasi muda terdidik yang berkualitas secara IPTEK maupun IMTAQ sehingga mampu menampilkan wajah Indonesia yang sesungguhnya di muka Dunia.

Mengingat pentingnya proses masa persiapan peserta didik kearah capaian kualitas yang diinginkan maka Lembaga Pendidkan Pondok Pesantren Ar-Rahman telah mencanangkan beberapa program unggulannya diantaranya :

Program unggulan bahasa asing
Program ini ditujukan untuk memepersiapkan peserta didik mampu menguasai bahasa asing yang sangat dibutuhkan dalam interaksi secara internasional dalam hal ini meliputi bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Guna menunjang program ini pula LP 3 Ar-Rahman melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga pengembangan bahasa asing professional seperti LIA, LIPIA dan beberapa Pondok Pesantren dengan unggulan bahasa asing semisal Gontor, Dar el Qolam dll. Selain juga menyiapkan sarana pendukung program pengembangan bahasa seperti penyediaan Lab. Bahasa

Program unggulan IT
Program ini ditujukan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi yang sangat dibutuhkan dalam menyerap ilmu pengetahuan melalui akses lalu lintas teknologi informasi multimedia saat ini dan di masa yang akan datang. Guna menunjang program ini LP 3 Ar-Rahman telah menyiapkan dan memfasilitasi setiap sarana dan prasana serta proses pembelajaran dengan system Computerized.

Program Keagamaan
Disamping mengembangkan wawasan dan keilmuan peserta didik melalui science dan teknologi LP 3 Ar-Rahman juga tidak lupa menyiapkan peserta didik secara mental dan spiritual melalui pembinaan di bidang keagamaan seperti pendalaman materi-materi keislaman yang meliputi Tafsir Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Tauhid, Nahwu Shorof, dan program-program keagamaan lainnya seperti program training menjadi Imam, Khotib, muballigh, dan program tahfidzul Qur’an (Hafalan Al-Qur’an).
Program-program unggulan tersebut ditujukan untuk mencetak para generasi muda kader bangsa yang tidak saja mumpuni secara wawasan dan keilmuan tetapi juga mempunyai tanggung jawab moral dan spiritual terhadap keilmuannya kelak.  Sehingga dapat berkontribusi positif pada lingkungannya baik lokal maupun global. Hal ini sesuai dan sejalan dengan  program Pemda tingkat II Sukabumi yang senantiasa mendorong  LP3 Ar-Rahman dalam setiap programnya terutama menjadikan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren menuju sekolah  RSBI hingga SBI (Sekolah Berbasis Internasionl)

LINK and MATCH
LP3 Ar-Rahman sebagai lembaga yang usianya relatif masih muda namun dalam aktifitas di dalam pendidikan telah berusaha menjalankan kerjasama atau menjembatani setiap niat cita - cita siswanya untuk meneruskan pendidikan berkelanjutan secara lebih tertata, lembaga mengusahakan agar dapat bimbingan awal sebelum mengikuti test pada pendidikan tinggi yang diminatinya.


Fasilitas yang dimiliki Pondok Pesantren Ar-Rahman sangat memadai untuk kegiatan belajar mengajar para siswa/i. Berbagai fasilitas yang dimiliki antara lain :
  • Mesjid

  • Kelas Untuk Belajar dan Berlatih 
  • Asrama
  • Mess Guru
  • Mess Tamu
  • Tempat Rekreasi
  • Warung Internet
  • Taman Bacaan

Ekstrakurikuler
Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan kepramukaan, kepemimpinan, dan kelompok ilmiah remaja.

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif, tidak kuantitatif seperti pada mata pelajaran. Kegiatan pengembangan diri pada SMA UNGGULAN AR-RAHMAN Sukabumi meliputi kegiatan:
  1. Kegiatan pengembangan kreativitas dan bimbingan karier, yaitu kegiatan yang lebih bersifat individualistis untuk menggali dan mengembangkan potensi pribadi untuk menimba karier dibidang yang sesuai dengan program studi keahlian dan sesuai dengan kompetensi keahliannya, terkoordinasi dibawah koordinator BP masing-masing.
  2. Kegiatan Keagamaan/kerohanian, yaitu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas nilai-nilai keagamaan para siswa, dan juga mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang :
    1. Tafhidzul Qur’an
    2. Al Mufradat
    3. Al Muhadasah
    4. Tanziful’am
    5. Kegiatan ekstrakurikuler, yang bersifat pengembangan kemampuan prestatif dan pengembangan kemampuan individual untuk berorganisasi diantaranya:
      1. Pramuka
      2. Sepak bola / Futsal
      3. Basket  Ball
      4. Volley Ball
      5. Palang Merah Remaja ( PMR )
      6. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
      7. Keagamaan seperti Kelompok Remaja Mesjid, dan
      8. Kegiatan Kesenian.
Daftar Kegiatan Ekstrakurikuler
  1. Paskibra
  2. UKS/PMR
  3. Pramuka
  4. English Club
  5. Arabian Club
  6. Science Club
  7. Marching Band
  8. Basket Ball Club
  9. Futsal Club
  10. Badminton Club
  11. Swimmng Club
  12. Theater Club
  13. Jurnalistik Club
  14. Beladiri (Karate/BKC, Silat)
  15. Qiro’ah club
Prestasi Yang Sudah Diraih :
  1. Juara 1 Beladiri Silat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2011
  2. Juara 3 Beladiri Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2011
  3. Juara I Lomba Sekolah Sehat / Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2011

Kurikulum
Daftar kurikulum yang ada di Ponpes Ar-Rahman :
Dari potensi masyarakat yang selaras dengan visi Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (LP3) Ar-Rahman, sejak awal didirikannya, SMA UNGGULAN AR-RAHMAN sudah menawarkan bentuk penyelenggaraan pendidikan terpadu. SMA UNGGULAN AR-RAHMAN berupaya menyelaraskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh keimanan dan ketaqwaan yang cukup kokoh dari peserta didiknya sehingga dapat terjadi keseimbangan dalam penguasaan iptek dan imtak. Selain itu, dengan diasramakannya peserta didik, proses pembelajaran pembentukan sikap mandiri dan bertanggung jawab juga menjadi salah satu keunggulan kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN

Di samping itu pilihan pendekatan belajar yang tepat menjadi sangat menentukan dalam peningkatan kualitas hasil pendidikan. ‘Active learning’ menjadi pilihan pendekatan belajar di SMA UNGGULAN AR-RAHMAN sejak awal berdirinya. Dengan pendekatan ini, pembelajaran diupayakan terjadi dalam suasana yang positif, dinamis dan interaktif dimana peserta didik lebih berperan sebagai subyek kegiatan. Target pembelajaran tidak hanya sekedar penguasaan pemahaman dan pengetahuan tetapi juga pada penguasaan kompetensi yang bersifat afektif dan psikomotor. Jika diterapkan dengan efektif, pendekatan ‘active learning’ memungkinkan peserta didik menguasai kompetensi yang dipelajarinya sampai pada tingkat kemampuan mentransfer kompetensi tersebut kepada peserta didik lainnya. Variasi metode pembelajaran kemudian menjadi keharusan dalam ‘penyampaian’ materi di kelas sehingga situasi belajar mengajar secara konsisten bersifat kondusif dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan. Di samping variasi metode, pendekatan belajar ini akan optimal jika disertai dengan pelaksanaan kegiatan integratif yang relevan, terap dan mendukung upaya pencapaian kompetensi. Kegiatan yang direncanakan akan menjadi kegiatan pendamping di SMA Unggulan Ar-Rahman tahun pelajaran 2011-2012 antara lain: ‘ekskursi’, ‘fun cooking’, ‘science fair’, berkebun, ‘outbound’, ‘book fair’, ‘market day’, praktek dan percobaan ilmiah, dan berbagai kegiatan kepesantrenan lainnya.

Struktur Kurikulum Sma Unggulan Ar-Rahman
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

1. Kelompok Mata Pelajaran
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
  • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,
  • Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian,
  • Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi,
  • Kelompok mata pelajaran estetika,
  • Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7.


No
Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

Mata Pelajaran/ Komponen Terkait
1.

Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengembangan Diri, IPA, Seni Budaya, IPS, Penjaskes, Matematika, muatan lokal

2.

Kewarganega-raan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Penjaskes, dan Pengembangan Diri. muatan lokal

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu  penge-tahuan dan teknologi pada SMA/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Mate matika, IPA, IPS, Kejuruan, TIK, geografi, sosiologi, dan Muatan Lokal.

4.

Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, TIK, Sosiologi dan Muatan Lokal.

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Penjaskes, IPA, dan Muatan Lokal.



2. Muatan Mata Pelajaran
Mengacu pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 BAB X Pasal  37 tentang pengaturan muatan mata pelajaran di setiap satuan pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Formal, serta tujuan khusus pendirian SMA UNGGULAN AR-RAHMAN maka Muatan Mata Pelajaran pada Kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN ditetapkan berdasarkan substansi pembelajaran yang harus ditempuh setiap peserta didik dalam satu jenjang pendidikan selama tiga (3) tahun mulai dari Kelas X (sepuluh) sampai dengan Kelas XII (dua belas).  Muatan Mata Pelajaran ini disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan mempertimbangkan tujuan khusus dari pendirian sekolah.

Kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN memuat 16 mata pelajaran, 7 muatan lokal dan pengembangan diri.

2.1  Mata Pelajaran
Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.

Secara garis besar, Muatan Mata Pelajaran yang ditetapkan dan dikembangkan SMA UNGGULAN AR-RAHMAN dengan merujuk pada Standar Isi dan Visi Misi Yayasan Ar-Rahman adalah sebagai berikut:

No Mata Pelajaran Kelas
X Program IPA Program IPS
XI XII XI XII
  1. A.     Muatan Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam

  1. Qur’an Hadits
2 2 2 2 2

  1. Fiqh/Praktek Ibadah
2 2 2 2 2

  1. Akidah Akhlak
2 1 1 1 1
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4 4
4. Bahasa Inggris 4 4 4 4 4
5. Matematika 4 5 6 5 6
6. Fisika 3 5 5 - -
7. Kimia 3 5 5 - -
8. Biologi 3 5 5 - -
9. Geografi 2 - - 4 4
10. Sosiologi 2 - - 4 4
11. Ekonomi 2 - - 5 6
12. Sejarah 1 1 1 1 1
13. TIK 2 2 2 2 2
14. Penjaskes 2 2 2 2 2
15. Seni Budaya 2 1 1 1 1
16. Bahasa Arab 2 2 2 2 2
17. BP/BK 1 1 1 1 1
  1. B.      Muatan Lokal Wajib
18 Bahasa Sunda 2 - - - -
19 Pendidikan Lingkungan Hidup 2 1 - 1 -
  1. C.      Muatan Lokal Keagamaan
20 Tahfidz 4 4 4 4 4
21 Nahwu Shorof - 2 2 2 2
22 Kajian Kitab Kuning 2 2 2 2 2
23 Imla/Khot 1 1 - 1 -
  1. D.     Pengembangan Diri
24 Pencak Silat 2
25 Basket
26 Marching Band
27 Pramuka
28 PMR
29 Futsal
30 Science Club
31 English Club

 
Informasi Pendaftaran Siswa/i Baru SMP Unggulan Ar Rahman Tahun pelajaran 2012/2013 :
  • Waktu dan Tempat Pendaftaran : pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan Maret 2012, pada pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB di Kampus LP3 Ar-Rahman (atau dapat melalui telepon dan email)
  • Pendaftaran dilakukan dengan membayar uang pendaftaran Rp300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) ke sekretariat pendaftaran atau melalui transfer ke Bank Mandiri cabang Cibadak a.n. Yayasan Ar-Rahman Sukabumi. No. Rek : 132-00-1037440-4 (cantumkan NAMA CALON SISWA dan ASAL SEKOLAH pada kolom Berita Untuk Penerima di slip pembayaran setoran Bank) dan fax bukti pembayaran ke 0266-6622489
  • Terdapat dua jalur seleksi, yaitu Jalur Prestasi dan Jalur Tes Tertulis.
  • Mengisi dan menandatangani formulir atau pernyataan yang telah disediakan. Formulir pendaftaran dapat didownload di sini
  • Menyerahkan formulir dan pernyataan yang diisi lengkap dengan melampirkan :
  1. Fotokopi bukti akreditasi sekolah asal (Hanya untuk peserta jalur prestasi)
  2. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir/Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (asli)
  3. Fotokopi SKHUN yang dilegalisir
  4. Fotokopi Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga
  5. Fotokopi Rapor
  6. Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli (Hanya untuk peserta jalur prestasi)
  7. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (4 lembar), 4x6 (4 lembar)
  • Tahapan seleksi :
Tahap Seleksi Jalur Prestasi
Tahap Seleksi Jalur Tes Tertulis
  • Pendaftaran sampai dengan 4 Maret 2012
  • Pengumuman : 10 Maret 2012
  • Psikotes : 24 Maret 2012
  • Wawancara : 24 Maret 2012
  • Daftar Ulang : 10-25 Maret 2012
  • Pendaftaran sampai dengan 4 Maret 2012
  • Tes Tertulis, wawancara dan psikotes : tanggal 23 dan 24 Maret 2012
  • Pengumuman Jalur Tes : 29 Maret 2012
  • Daftar Ulang : 30 Maret - 15 April 2012
  • Biaya Pendidikan Tahun pelajaran 2012/2013

No
Keterangan
Jumlah
Danan Awal
1
Dana Pengembangan Pendidikan (DPP)
Rp6.000.000,-

SUB TOTAL
Rp6.000.000,-
Biaya Tahunan
1
Seragam dan Buku Paket
Rp1.600.000,-
2
Kegiatan
Rp800.000,-

SUB TOTAL
Rp2.400.000,-
Biaya Bulanan
SPP
Rp1.300.000,-
TOTAL
Rp9.700.000,-



Keterangan : 
  1. SPP sudah termasuk biaya penginapan, makan dan laundry.
  2. DPP dibayar minimal 50% saat daftar ulang
  3. Sisa pembayaran dapat dilunasi sebelum siswa masuk sekolah
  4. Bagi siswa yang mengundurkan diri dikenakan biaya administrasi sebagai berikut :
  • s.d. Juli 2012, 50% dari DPP, seragam dan buku diberikan berupa barang.
  • Lebih dari Juli 2012, tidak ada dana yang dikembalikan, seragam dan buku diberikan berupa barang. 
  • Orang tua yang menyekolahkan 2 (dua) atau lebih anaknya di Ar Rahman, akan mendapat keringanan DPP sebagai berikut :
          - Potongan Rp600.000,- untuk anak ke-2
          - Potongan Rp1.200.000,- untuk anak ke-3

PONDOK PESANTEREN AR-RAHMAN
Bojong Genteng, Sukabumi - Jawa Barat
Telp. 0266 - 7077529
Email : contact@ar-rahman.info


*Semoga Bermanfaat. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar*

0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife