Wednesday, 22 February 2012

PSB MAN Insan Cendekia 2012/2013

Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong- Gorontalo Tahun Akademik 2012/2013



Pasti info pendaftaran Man IC tahun 2012 sudah  ditunggu-tunggu banyak orang. Kalau boleh cerita, sebelumnya saya mencoba bertanya kapan pelaksanaan pendaftaran siswa/i baru MAN Insan Cendekia Tahun 2012/2013 lewat email. Alhamdulillah admin MAN IC membalas email tersebut dan banyak memberi tahu bahwa informasi PSB tahun 2012 sudah ada di web MAN IC Serpong. Berikut ini informasi sementara yang saya peroleh dari situs resmi MAN Insan Cendekia Serpong. 
Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan.

A. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:
  1. Pendaftar adalah peserta didik kelas IX MTs/SMP pada TP 2011/2012.
  2. Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2012.
  3. Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak: a. 1-3 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta b. 4-5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta c. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta
  4. Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.
  5. Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2011/2012 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi
B. Syarat Pendaftaran
  1. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2012/2013 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online di alamat http://penerimaan.ic.sch.id (Kemungkinan baru bisa dibuka bulan April pada saat pendaftaran dibuka)
  2. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:
    • Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
    • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik atau surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik berprestasi dalam bentuk file JPEG (di-scan)
    • Satu halaman rapor semester 1 kelas IX yang dilegalisasi kepala madrasah dalam bentuk file JPEG (di-scan)
C. Materi Seleksi
Meteri seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi: 

  1. Tes Potensi Belajar (TPB) dan 
  2. Tes akademis untuk mata pelajaran:
    • Matematika
    • IPA
    • Bahasa Inggris
    • Pendidikan Agama Islam dan
    • Bahasa Arab.
D. Tempat Tes dan Biaya 
  • Tempat Seleksi
    Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.
    Seleksi yang dimaksud di sini adalah seleksi tertulis. Jadi, pesertanya ya yang udah lulus seleksi berkas. Tempatnya sebenarnya fleksibel, tergantung jumlah peserta yang lulus dari daerah itu. Kalau bisa lebih dari 30 orang, maka di daerah itu bisa diadakan spot buat tes tertulis. Kalau nggak salah, tes tahun ajaran kemarin ini diadain tes di Aceh kok. Jadi, yang rumahnya jauh-jauh, tidak usah khawatir harus dateng ke Serpong pas tes tertulisnya (sumber http://chaochao.wordpress.com).
  • Biaya Pendidikan
    Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.
E. Alur Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun 2012 adalah sebagai berikut:
  1. Persiapan (1 Januari – 7 Februari 2012)
  2. Sosialisasi & Publikasi (13 Januari – 31 Maret 2012)
  3. Proses Pendaftaran (1 – 21 April 2012)
  4. Seleksi Berkas (1 – 25 April 2012)
  5. Pengumuman Peserta Tes (26 April 2012)
  6. Pelaksanaan Tes (12 Mei 2012)
  7. Pengumuman Kelulusan (28 Mei 2012)
  8. Daftar Ulang (1 – 18 Juni 2012)
  9. Awal Masuk Madrasah (7 Juli 2012-tentatif)

F. Informasi tambahan (sumber http://chaochao.wordpress.com) :
Pendaftaran tahun ini hanya melalui online tidak bisa diposkan. Sekarang ini sistemnya masih disempurnakan dan diuji coba dulu. Pendaftaran online akan dimulai tgl 1 April. Caranya, kalian buat user id dan pasword dulu, kemudian mengisi formulir secara online. Setelah itu kalian akan diminta meng-upload atau mengunggah foto dalam format JPG, raport yang sudah discan dlm format JPG, sertifikat mengikuti lomba-lomba setaraf nasional atau surat rekomendasi dari kepala sekolah dan/atau surat keterangan mondok untuk kalian yang berasal dari pesantren. Setelah itu selesai, formulir dan syarat-syaratnya akan diverifikasi panitia. Dan kalau lolos, kalian akan diminta mencetak kartu tes masuk IC serpong.

Beasiswa yang diberikan adalah beasiswa biaya pokok pendidikan, dan asrama. Ada kegiatan-kegiatan
yang harus dilaksanakan namun biayanya tidak lagi di-cover olah DIPA (anggaran) Kemenag. Biaya tersebut itulah yang akan dibebankan ke orang tua. Besarnya akan ditetapkan oleh komite madrasah.

Ada baiknya pendaftaran dikoordinasikan oleh sekolah dan surat rekomendasi sekolah hanya boleh dibuat satu buah. Untuk sekolah yang mencoba membuat dua surat rekomendasi yang berbeda, maka akan di-blacklist dan seluruh calon peserta tes dari sekolah tersebut akan dicoret karena hal tersebut akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Verifikasi akan dilakukan secara manual dengan bantuan komputer.
 
G. FAQ's MAN Insan Cendekia Serpong Gorontalo (Sumber http://chaochao.wordpress.com)
  • T : Tes Potensi Belajar itu apa ya?
    J : Semacam psikotes untuk seleksi pns, dll. mm. mirip2 tes IQ. kalo mau belajar, cari aja di toko buku banyak kok. tes potensi belajar akademik.

  • T : Lampiran rapor dalam bentuk JPEG itu maksudnya gimana? setahuku JPEG itu foto.
    J : Jadi lembar raport kalian tinggal di-scan aja. Kalo nggak ada scanner, ke warnet terdekat deh, Insya allah sih nyediain scanner.

  • T : Syarat-syarat pendaftaran tahun kemarin sama tahun sekarang kalo dilihat-lihat di web IC memang beda kah? lTerus tahun sekarang kok nggak ada contoh formulir pendaftaran untuk dijadikan syaratnya? tidak ada atau bagaimana? terus untuk tes peserta nanti, soal untuk peserta yang dari SMP apa dibedakan dengan yang dari MTS?
    J : Sebenernya sama-sama aja sih persyaratannya. Nah, kalo untuk formulir pendaftaran, sekarang sepertinya mau diberlakukan sistem pendaftaran online. Jadi tidak perlu me-poskan formulir seperti tahun-tahun sebelumnya. Kamu cukup ngisi formulir pendaftaran dengan nge-attach (melampirkan) syarat-syarat yang sudah diminta, kayak scan-an raport, foto, dll. Untuk soal tes tertulis, setahu saya sih disamaratakan. Jadi nggak dibeda-bedain kamu siswa SMP atau MTs.

  • T : Kira-kira tahun ini kuota yang diterima berapa?
    J : Tiap tahun, jumlah kuota yang diterima tetap sama: 120 orang IC serpong dan 120 orang IC gorontalo.

  • T :  Aku lulusan tahun kemarin (2010-2011) boleh ikut pendaftaran tahun ini tidak?
    J : Yah, maaf sekali. Sekarang dicantumkan peraturan bahwa yang boleh mendaftar hanya siswa lulusan tahun 2011/2012.
  • T : Kalau program di MAN IC tuh beasiswa semua atau engga ?
    J : Nggak full 100% beasiswa. Untuk tahun sekarang, biaya pendidikan pokok dan asrama tetap dibiayai Kementerian Agama. Tapi ada beberapa kegiatan yang tidak di-cover Kemenag sehingga dibebankan ke orang tua, seperti kegiatan study tour. Besarnya biaya belum ditetapkan.

  • T : Berkas-berkasnya dikirimnya kemana ya ?
    J : Sekarang sistemnya tidak lewat pos lagi, tapi pendaftaran dilakukan secara online. Silahkan buka http://penerimaan.ic.sch.id setelah tanggal 1 april. Untuk saat ini sistem masih dievaluasi, jadi memang belum bisa dibuka.

  •  T : Kalau piagam OSN tahun 2010 sih bisa ga dilampirkan? terus yang ga tinggal di pondok pesantren gimana? formulirnya tetap di upload?
    J : Insya allah bisa-bisa aja piagam tahun 2010. Nah, kalau nggak tinggal di pondok pesantren pas smp ya nggak usah disertakan formulirnya. Itu kan hanya bagi peserta yang pernah tinggal di pesantren.

  • T : Kan syarat pendaftaran salah satunya ada ini "sertifikat keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek.." Kalau nggak ada gimana?
    J : oh, enggak apa-apa, itu opsional kok. Kalo ada, mungkin bisa ngebantu kamu lolos seleksi administrasi. Tapi kalo nggak ada ya udah gapapa.
H. Informasi terkait PSB Tahun 2012/2013  :

Pendaftaran Online MAN Insan Cendekia Serpong-Gorontalo sudah dapat dilakukan. Silakan membuat account baru/register untuk mendapatkan user name dan password.


  • Pengumuman Lulus
  • Daftar Ulang 
  • Daftar Perlengkapan Barang Yang Harus Dipersiapkan
masih belum tersedia di website resmi MAN IC. Namun sebagai gambaran saja, Anda dapat membaca  informasi penerimaan MAN IC tahun sebelumnya di sini. Kalau ada informasi baru, pasti akan saya update, keep reading in my blog! :) 

Akhirnya pengumuman seleksi tahap I : seleksi administrasi sudah diumumkan. Selamat berjuang untuk adik-adik yang akan melaksanakan tes tertulis tanggal 12 Mei nanti. Ingat kesempatan nggak datang dua kali lo, maksimalkan usaha dan jangan lupa kuatkan lagi doanya. Keep ur spirit up to my sister !!! May Alloh give the best for you.

NB : 
*Semoga Bermanfaat*

0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife