Monday, 13 February 2012

SMAK Makassar (Sekolah Menengah Analis Kimia) Sulawesi Selatan


SMAK Makassar (Sekolah Menengah Analis Kimia) Makassar - Sulawesi Selatan


A. Profil
Sekolah yang berdiri sejak 1964 ini dulunya bernama SAKMA. Lalu pada tahun 1985, SAKMA berubah menjadi SMAK sampai sekarang. Sekolah bernuansa putih abu-abu ini akan menggelar ujian seleksi penerimaan siswa baru di awal Juli mendatang. Kuota untuk siswa baru disediakan hanya 144 kursi. 

Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) Makassar, yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Km 4 Pampang Raya No 12, Makassar,rencananya akan berubah nama menjadi SMK. Perubahan tersebut akan terjadi pada tahun 2011. "Kepastiannya belum ada, tetapi memang akan berubah tahun ini. Khusus sekolah kami tidak menggunakan penomoran seperti sekolah kejuruan lain. Mungkin akan berubah menjadi SMK Analis Kimia saja," tutur kepala sekolah SMAK, Bpk. Tamrin.  

B. Visi
Menjadi unit pendidikan yang mamoou bersaing dan berstandar nasional.

C. Misi
Menyiapakan sumber daya manusia industri dalam bidang kimia analisis tingkat menengah yang produktif, terampil, madiri serta berwawasan wirausaha untuk mengisi lapangan kerja sesuai dengan bidangnya guna mempercepat dan memperkokoh pertumbuhan industri dalam rangka menunjang  pembangunan nasional.

D. Profil Kompetensi Unggulan
Profil lulusan SMAK Makassar terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generic, sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 yang meliputi : beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri domokratis dan bertanggung jawab. Sedangkan sesuai tuntutan dunia kerja adalah disiplin dan jujur. Kompetensi kejuruan adalah kompetensi yang mengacu pada SKKNI analis kimia dan labops.

E. Fasilitas
1. Ruang Pendidikan
  •   Ruang belajar 11 lokal
  •   Laboratorium analis gravimetric
  •   Laboratorium analis volumetric
  •   Laboratorium mikrobiologi
  •   Laboratorium instrumental analis
  •   Laboratorium analisis terpadu III
  •   Laboratorium fisika non instrument
  •   Laboratorium glass blow
  •   Laboratorium komputer
  •   Laboratorium bahasa2.
2. Ruang Penunjang
a.    Ruang gudang bahan dan alat
b.    Ruang perpustakaan
c.     Ruang serbaguna
d.    Ruang OSIS
e.    Pramuka dan UKS
f.     Mushola
g.    Kantin
h.    Sarana Olahraga
       
3.  Laboratorium kimia dilengkapi dengan instrumentasi yang sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan seperti :
a.    High Performance Liquid Chromatography (HPL C)
b.    Abtomic Absorotion Spectroanotometer (AAS)
c.    Spektrofotometer UV VIS
d.    Gas Krimatografi
e.    Rotary Evaporator
f.     Retraktometer
g.    pH meter
h.    Konduktometer
i.     Polarimeter

  4. Sedangkan untuk laboratorium mikrobiologi dilengkapi dengan :
a.    Mikroskop
b.    Inkubator

F. Tenaga Pengajar dan Tata Usaha
Jumlah tenaga pengajar dan tata usaha pada tahun 2006, 2007 adalah sebagai berikut :Jumlah pengajar sebanyak 53 orang yang terdiri dari guru tetap 30 orang, guru tidak tetap 23 orang dan tenaga tata usaha sebanyak 18 orang.

G. Syarat Pendaftaran Calon Siswa Baru
1.   Warga Negara Indonesia
2.   Berijazah SMP/MTs
3.   Umur maksimal 18 tahun
4.   Berbadan sehat
5.   Membayar biaya testing
6.   Mengisi formulir yang telah disediakan panitia
7.   Menyerahkan fotokopi berkas berikut ini, masing-masing 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir.
Ijazah/STTB
- Rapor kelas I, II dan III (menunjukkan berkas asli pada saat pendaftaran)
8.   Menyerahkan pas foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

H. Prospek Lapangan Kerja
Sekolah Menengah Analis Kimia menghasilkan lulusan dengan spesifikasi khusus tenaga analis kimia dengan kemampuan dan pengetahuan mengelola laboratorium, menguasai dan mengaplikasikan teknik dan metode analis kimia yang siap bekerja dalam bidang industri dengan kemampuan jabatan tenaga quality control bidang analisis kimia, mikrobiologi, kimia, fisika, teknik penanganan limbah.

Lulusan SMAK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti :
  • PTN dan PTS (Universitas, Akademi, Politeknik yang memiliki jurusan kimia)
  • PTN di bawah pembinaan Kementerian Perindustrian seperti Akademi Kimia Analis Bogor, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, Pendidikan Tinggi Kimia Industri Medan, Akademi Teknologi Industri Makassar dan Padang.
I. Informasi Pendaftaran Tahun Pelajaran 2012/2013

Untuk informasi pendaftaran siswa/ibaru SMAK Makassar dapat menghubungi SMAK Makassar Jl. Jenderal Urip Sumoharjo KM.4 Pampang, Makassar. Telp. (0411) 452927, 456353.

J. Berita MOS SMAK Makassar 2011
Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) Makassar, menggelar masa orientasi siswa (MOS) selama empat hari . MOS dimulai sejak Selasa (19/7/2011) lalu di aula sekolah, Jl Pampang Raya No 12 Makassar. MOS berakhir hari ini dan diisi aneka kegiatan. Mulai dari pemberian materi tentang tatib sekolah, kurikulum pembelajaran, budaya mutu, bidang dunia industri dan usaha yang dibawakan beberapa guru.

Pembukaan MOS yang mereka istilahkan dengan ospek ini diikuti 144 siswa. Menurut ketua panitia ospek 2011, Ardiyansah Warsugi Rahmat, siswa baru membutuhkan masa adaptasi di sekolah mereka. Maka dari itu ospek sangat bermanfaat yang diisi dengan kegiatan bermanfaat pula. "Perlu ditambahkan, unsur kekerasan sudah bukan jamannya lagi. Kini generasi muda harus betu-betul mengisi waktu dengan kegiatan positif," tambahnya.

Ospek mengangkat tema Kenali Diri, Kenali Lingkungan dengan Satu Semangat Satu Jiwa Untuk Mencapai Satu Tujuan. Mengandung arti banyak namun satu tujuan. Salah satu makna hyang bisa dipetik adalah menambah keakraban antar junior dan senior. Serta meningkatkan kreatifitas dan solidaritas antar siswa. Siswa baru ini pun dikumpulkan di aula. Dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok terdiri atas 48 siswa. Seperti yang terjadi hari ini, siswa dihadapkan dengan pengenalan laboratorium, pengenalan bidang kesiswaan, pengenalan alumni yang diakhiri dengan bina akrab.(*/tribun-timur.com)

Sumber :
http://pusdiklat.kemenperin.go.id/
http://tribun-timur.com

*Semoga Bermanfaat. Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar*


0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife