Sunday, 12 February 2012

SMK Daarut Tauhid Bandung (2012)


SMK Daarut Tauhid Bandung (2012)



A. PROFIL
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Daarut Tauhid Boarding School adalah SMK yang mengajarkan IT (informatika dan Teknologi) sekaligus menerapkan nilai-nilai Tauhiid dan Akhlakul Karimah dengan Sistem Pondok Pesantren. SMK Daarut Tauhiid Boarding School sebagai Lembaga pendidikan yang baru berupaya untuk ikut Andil dalam ikhtiar mencerdaskan bangsa dengan memadukan sistem pendidik (kurikukulum ) formal dengan sistem pendidik (kurikulum) pesantren Daarut Tauhiid.

Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung dalam melaksanakan fungsinya sebagai lembaga pendidikan pesantren, menyelenggarakan pendidikan formal yang diberinama ”SMK TI (Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi) Boarding School Daarut Tauhiid” dengan harapan terwujudnya manusia Indonesia yang seutuhya (Insan Kamil).

1. Visi SMK TI Boarding School Daarut Tauhiid
Menjadikan SMK TI Boarding School Daarut Tauhiid Bandung sebagai pusatkeunggulan di bidang Teknologi Informasi yang berlandaskan Tauhid.

2. Misi SMK TI Boarding School Daarut Tauhiid
Mencetak insan yang cerdas, kompetitif di bidang Teknologi Informasi yangdilandasi nilai-nilai tauhid dengan indikator keunggulan:
  • Ma’rifatullah
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Leadership
  • Enterpreneurship
  • Lingkungan hidup
  • Etika/ akhlak
  • Olah raga, dan
  • Seni
3. Tujuan SMK TI Boarding School Daarut Tauhiid
  1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, unggul, mampu bekerja mandiri, dan dapat mengisi lowongan pekerjaan sesuai kebutuhan dibidangnya
  2. Membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan Teknologi Informasidengan mengembangkan karakter baik dan karakter kuat, sehingga tercapai peserta didik yang gigih, ulet tangguh, disiplin yang disertai ketawaduan, jujur,iklhlas dan berbuat karena Allah semata
  3. Membekali peserta didik dengan nilai-nilai tauhiid dan nilai-nilai luhurdalam Islam lainnya agar mampu berbuat yang terbaik dikemudian hari sehingga mampu mandiri ataupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.
4. Kurikulum
    1.  Bidang Keahlian : Teknologi Informasi
    2.  Program Keahlian : Teknik Komputer danJaringan
    3.  Substansi Pendidikan

Substansi atau materi yang diajarkan di SMK disajikan dalam bentuk berbagaikompetensi yang dinilai penting dan perlu bagi peserta didik dalam menjalanikehidupan sesuai dengan zamannya. Kompetensi dimaksud meliputi kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadimanusia Indonesia yang cerdas dan pekerja yang kompeten, sesuai dengan standarkompetensi yang ditetapkan oleh industri/dunia usaha/asosiasi profesi.

5. Struktur Kurikulum
Untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh industri/ duniausaha/asosiasi profesi, substansi pendidikan dikemas dalam berbagai matapelajaran yang dikelompokkan dan diorganisasikan menjadi program normatif,adaptif, dan produktif.

a. Program Normatif
Program normatif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentukpeserta didik menjadi pribadi utuh, yang memiliki norma-norma kehidupan sebagaimakhluk individu maupun makhluk sosial (anggota masyarakat) baik sebagai warganegara Indonesia maupun sebagai warga dunia. Program normatif diberikan agarpeserta didik bisa hidup dan berkembang selaras dalam kehidupan pribadi,sosial, dan bernegara. Program ini berisi mata pelajaran yang lebihmenitikberatkan pada norma, sikap, dan perilaku yang harus diajarkan,ditanamkan, dan dilatihkan pada peserta didik, di samping kandungan pengetahuandan keterampilan yang ada di dalamnya.

b. Program Adaptif
Program adaptif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk pesertadidik sebagai individu agar memiliki dasar pengetahuan yang luas dan kuat untukmenyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungansosial, lingkungan kerja, serta mampu mengembangkan diri sesuai denganperkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Program adaptif berisi matapelajaran yang lebih menitikberatkan pada pemberian kesempatan kepada pesertadidik untuk memahami dan menguasai konsep dan prinsip dasar ilmu dan teknologiyang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari dan atau melandasi kompetensiuntuk bekerja. Program adaptif diberikan agar peserta didik tidak hanyamemahami dan menguasai “apa” dan “bagaimana” suatu pekerjaan dilakukan, tetapimemberi juga pemahaman dan penguasaan tentang “mengapa” hal tersebut harusdilakukan.

c. Program Produktif
Program produktif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membekalipeserta didik agar memiliki kompetensi kerja sesuai standar Kompetensi KerjaNasional Indonesia (SKKNI). Dalam hal SKKNI belum ada, maka digunakan standarkompetensi yang disepakati oleh forum yang dianggap mewakili dunia usaha/industriatau asosiasi profesi. Program produktif bersifat melayani permintaan pasarkerja, karena itu lebih banyak ditentukan oleh dunia usaha/industri atau asosiasiprofesi.

6. Masa Pendidikan
Masa pendidikan di SMK pada prinsipnya sama dengan masa pendidikan tingkatmenengah lainnya yaitu 3 (tiga) tahun. Dengan mempertimbangkan keluasan danjumlah kompetensi yang harus dipelajari, jika SKKNI menuntut masa pendidikanlebih dari tiga tahun, maka masa pendidikan dapat diperpanjang paling banyak 2(dua) semester atau sampai dengan 4 (empat) tahun.

B. FASILITAS
1. Kantor

Kantor Dekat dengan Ruang Kelas

2. Asrama
Asrama Yang Nyaman Dan Tempat Tidur dan Lemari Peranak 1 buah

3. Perpustakaan
Pelayanan Perpustakaan memberikan akses kemudahan siswa dalam mencari sumber belajar di samping sumber belajar lain, seperti internet.

4. Laboratorium Hardware
Sarana yang membangun Siswa untuk Kreatif dan penuh keahlian tentang Komputrer

5. Laboratorium Komputer dan Internet
Laboratorium ini terdiri dari 30 unit komputer siswa dan 1 unit komputer guru dengan spesifikasi terbaru (processor quard Core) dan LCD monitor. Dengan dukungan software pembelajaran Software membantu memudahkan guru memberikan pembelajaran selain dukungan LCD Proyektor.

6. Laboratorium Elektronika
Sarana untuk Siswa dalam elektornika untuk membongkar dan

7. Laboratorium Jaringan
Laboratorium ini terdiri dari 30 unit komputer siswa untuk mengatur jaringan komputer antara komputer atau komputer ke server komputer

8. Ruang guru
Ruang Untuk Pengajar yang nama dan inovasi untuk kegiatan guru

9. Akses internet
Akses internet untuk siswa gratis

C. PRESTASI
  • Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat PPM go Public
  • Juara pertama Pidato bahasa inggris PPM Go Public
D. EKSTRAKURIKULER
Ekstrakulikuler yang dilaksanakan di SMK Daarut Tauhiid Boarding School yaitu
  1. Mrobotik
  2. Paskibra
  3. Bahasa Arab
  4. Bahasa Inggris
  5. Elektrodigital
  6. Web Dan Multimedia
Pesantren Daarut Tauhiid sebagai salah satu lembaga dakwah, sosial dan pendidikan yang salah satu misinya adalah mengadakan pendidikan formal, pada 2011 ini memasuki tahun kedua dengan jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan. Sebagai lembaga dakwah tentunya menyuguhkan materi dan disiplin ilmu yang bernafaskan religi terlihat dalam kurikulum yang disusun oleh SMK IT Boarding School ini menyelenggarakan program " one day one ayat " shalat dhuha, shalat malam dan materi agama lainnya. Disiplin adalah salah satu modal untuk menggapai kesuksesan baik dunia apalagi akhirat untuk itu disiplin menjadi unggulan pembentukkan karakter santri SMK.

E. PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran tahun ajaran 2012/2013 di SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. Untuk informasi lebih lengkap hubungi SMK Daarut Tauhiid Boarding School Hubungi 022 200 5132 HP 081227600599/08782284389. Registrasi Online Siswa Baru SMK Daarut Tauhid

Biaya Pendidikan :
  • Bea Pendidikan (1 Kali selama masa KBM) Rp.7.687.000
  • Bea Bulanan Mulai Agustus 2012 Rp. 1.325.000
  • Komponen Bea Bulanan
         1. SPP
         2. Bea Makan
         3. KBM Formal
         4. KBM Boarding + Eskul
         5. Operasional/ Fasilitas Asrama
         Catatan : Bea Pendaftaran Pendidikan Rp. 200.000

         No. Rekening SMK DT Boarding School
         BNI Syariah A.N Yayasan DT Pariwisata No.Rek 0092553967

     INFORMASI
  • ALWI : 0813 2266 4485
  • ANGGI : 0813 2031 1004
  • KANTOR : 022 200 5132

Pusat Informasi SMK DT Baording School
 Komplek Pesantren Daarut Tauhiid Bandung


JL. Geger Kalong Girang Komp Setia Budi Indah Kav 25-26 Bandung

Pusat Informasi PPDB SMK
HP. Sujai 081910005535
Anggi 087822843896
Telp/Fax 022-2005132
Email : Admin@smkdt.sch.id

*Semoga Bermanfaat. Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar*

0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife