Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Unggulan SMP IT Nur Hidayah Surakarta (Solo)

SMP IT Nur Hidayah Surakarta

Akreditasi "A"
Jl. Kahuripan Utara Raya, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta 57138, Jawa Tengah
Website: http://www.smpitnurhidayah.sch.id
Tgl SK Pendirian: 10 Januari 2004

PROFIL SMP IT NUR HIDAYAH SURAKARTA

SMP IT Nur Hidayah Surakarta, berdiri pada tahun pelajaran 2004/2005. Saat ini SMP IT Nur Hidayah Surakarta (Solo) dipimpin oleh Bpk. Zuhdi Yusroni, M.Pd. Sekolah yang mempunyai visi "Terwujudnya sekolah yang efektif dan bermutu dalam mewujudkan generasi cerdas, kreatif, mandiri, dan berakhlak mulia" ini mempelajari lima kelompok mata pelajaran utama yakni kelompok mata pelajaran:
  1. Agama dan akhlak mulia
  2. Kewarganegaraan dan kepribadian
  3. Ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Pelajaran estetika
  5. Jasmani, olahraga dan kesehatan

PROGRAM UNGGULAN

  1. Membuka program kelas Tahfidzul Quran (kuota 32 putra dan 32 putri) serta kelas minat, bakat dan kepemimpinan (kuota 64 putra dan 64 putri)
  2. Merupakan sekolah berbasis fullday school dan boarding school
  3. Pembiasaan ibadah sehari-hari seperti membaca Al Qur’an, sholat berjama’ah, dzikir dan lain-lain
  4. Lingkungan sekolah yang islami seperti pemisahan putra dan putri baik kelas maupun dalam berbagai kegiatan.
  5. Siswa lulus dari SMP IT Nur Hidayah Surakarta memiliki hafalan Al Qur’an minimal 3 Juz dan mampu membaca Al Qur’an dengan tartil
  6. Tidak ada Ustadz (Guru Putra) maupun karyawan yang merokok di sekolah maupun di rumah
  7. Semua Ustadzah (Guru Putri) maupun karyawati berbusana muslimah baik di sekolah maupun di rumah.
  8. Program kesiswaan berorientasi pada peningkatkan kualitas intelektual (Intelegence Quotient), kualitas kecerdasan emosional (Emotianal Quotient), kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) dan kecerdasan kreatifitas (Creativity Quotient) maupun kemampuan mereka dalam menghadapi kehidupan (Adversity Quotient).
  9. Program Pramuka SIT. Program ini bersifat wajib bagi semua siswa. Melalui kepramukaan ketrampilan, ketangkasan dan ketangguhan jasmani dan ruhani siswa diasah dan ditingkatkan.
  10. Program Mentoring Agama Islam. Program ini adalah program pendampingan agama Islam. Wujud program ini adalah pertemuan seminggu sekali selama 2 jam penuh (2 x 60 M) antara sekelompok siswa dengan ustadz selaku mentor. Pada pertemuan ini siswa dibantu untuk dapat memahami Agama Islam secara utuh sehingga siswa menjadi paham tentang pentingnya beragama.
  11. Program Kultum (Kuliah Tujuh Menit). Program ini adalah program untuk meningkatkan kemampuan berpidato bagi siswa. Program ini dilaksanakan setiap selesai sholat Dzuhur berjama’ah antara Hari Senin sampai Hari Kamis. Setiap siswa wajib kultum secara bergiliran. Program ini dapat meningkatkan kecerdasan Linguistic siswa yakni kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk verbal baik tulisan maupun lisan.
  12. Program Pembiasaan Ibadah. Program ini adalah program untuk membiasakan siswa istiqomah dalam melakukan amal ibadah. Ibadah yang dibiasakan bagi siswa diantaranya sholat berjama’ah, membaca dzikir Al Ma’tsurat setelah sholat Ashar berjama’ah, sholat dhuha seminggu sekali, puasa sunah pada waktu-waktu yang disunahkan untuk berpuasa sunah. Selain itu adalah membaca Al Qur’an setiap pagi sebelum mata pelajaran jam pertama dimulai.
  13. Program Tadarus Keliling. Program ini adalah program kelas. Setiap kelas mengadakan tadarus keliling setiap bulan sekali dari rumah siswa yang satu dengan siswa yang lain. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tilawah Al Qur’an dan menjalin silaturahmi antara sekolah dengan orang tua/ wali siswa. Demikian juga antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.
  14. Program Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit). Dalam program ini semua siswa bermalam di sekolah. Dimulai pada sabtu sore sampai dengan Ahad pagi. Selama bermalam di sekolah diadakan kajian Islam dan sholat malam berjama’ah. Kegiatan ini diadakan minimal dua kali dalam satu semester.
  15. Program Kunjungan Ilmiah Siswa (KIS). Program ini untuk meningkatkan wawasan ilmiah siswa dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu seperti pusat penelitian, perguruan tinggi ataupun suatu badan usaha. Program ini diadakan minimal sekali setiap satu tahun pelajaran.
  16. Program Out Bond Training (OBT). Program ini diadakan untuk mengasah daya survival siswa di alam bebas, meningkatkan kemampuan jasmani dan emosi siswa ketika mengikuti game-game di alam bebas. Program ini diadakan minimal sekali dalam satu tahun pelajaran.
  17. Program Perkemahan Sabtu Ahad (Persada). Program ini berbentuk berkemah di alam bebas. 
  18. Kegiatan lain: daurah (Kajian Ilmu), Study Tour, Tarhib Ramadhan ataupun aksi-aksi kemanusiaan merespon berbagai peristiwa nasional maupun internasional.

FASILITAS SMP IT NUR HIDAYAH SOLO
  • Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan LAN internet di semua unit komputer
  • Perpustakaan dengan fasilitas hot spot dan jaringan on line
  • Ruang multimedia yang dilengkapi dengan LCD Projector serta VCD Interaktif dan VCD Pembelajaran.
  • Ruang kelas yang representatif dengan komposisi siswa 30 per ruang.
  • Sarana dan prasarana olah raga yang lengkap dan memadai.
  • Tersedia sarana mengembangkan ketrampilan siswa khususnya ketrampilan membatik.
  • UKS (Unit Kesehatan Sekolah) yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan alat-alat kesehatan yang cukup lengkap dan juga dilengkapi dengan obat-obatan, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa.
  • Layanan komunikasi berupa telepon umum dengan kartu.
  • Koperasi
  • Mobil antar jemput

PRESTASI

  • Medali emas bahasa Indonesia dan medali perunggu bahasa Inggris dalam ajang National Language Competition CV Divya Cahaya Prestasi tahun 2022
  • Juara 2 Taekwondo Piala Walikota Solo tahun 2022
  • Juara 2 untuk Lomba Pidato bahasa Arab y dan Juara 2 untuk Lomba Tartil Al Qur'an tingkat SMP di kampus SMP-SMA Insan Cendekia Al Mujtaba
  • Juara 3 Lomba Cerdas Cermat dan juara 2 Lomba Pidato Bahasa Indonesia dalam rangkaian Lomba MAPSI MGMP PAI Kota Surakarta. 
  • TIM Pramuka SIT SMPIT Nur Hidayah memboyong 9 piala kejuaraan perkemahan RACANA Ki/Nyi Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011.  Perkemahan ini diikuti oleh sekolahan SMP se Karesidenan Surakarta (Solo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo).
  • SMPIT Nur Hidayah berjaya membawa pulang 25 piala dari berbagai lomba. Perlombaan yang diikuti meliputi PBB, Haflah, Cerdas Cermat, Mendirikan tenda, Pioner, Pidato (Jawa, Inggris, Arab), Gapura, Karnaval dll. dalam kegiatan Kemah Wilayah (Kemwil) Ukhuwah V JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Regional IV wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kepramukaan.  

INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU

Alur Pendaftaran

  • Melakukan pendaftaran online di website resmi SMP IT Nur Hidayah 
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,- ke rekening SMPIT Nur Hidayah
  • Melakukan konfirmasi pembayaran biaya pendaftaran untuk dilakukan pengaktifan akun
  • Melengkapi dokumen yang dipersyaratan dengan mengunggah ke website dan mencetak kartu peserta.

Jadwal Pendaftaran

  • Berdasarkan pengalaman sebelumnya, terdapat 2 (dua) gelombang pendaftaran SMP IT Nur Hidayah;
  • Gelombang I dibuka pada bulan Oktober-November. Tes dilakukan pada bulan November dan pengumuman peserta seleksi pada bulan Desember;
  • Gelombang II dibuka pada bulan Januari-Februari tahun berikutnya. Tes dilakukan pada bulan Februari dan pengumuman peserta seleksi pada bulan Maret;

Materi Tes/Seleksi

  • Akademik (Matematika, IPA, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, PAI)
  • Membaca Alquran
  • Wawancara siswa & wawancara dengan orang tua siswa
Bagi siswa yang memiliki prestasi akademik/non akademik berkesempatan mendapatkan beasiswa. Calon siswa yang mempunyai nilai rapor minimal 85 untuk mapel mataematika, IPA, PAI, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia berkesempatan tidak perlu mengikuti tes akademik. 

KONTAK:

  • Telepon (0271) 743416
  • Email smpit@nurhidayah.sch.id
  • HP 085697351358 (WA)
  • IG @smpitnurhidayahsolo

Posting Komentar untuk "Program Unggulan SMP IT Nur Hidayah Surakarta (Solo)"