Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! 5 Info Penting Politeknik Manufaktur Negeri POLMAN Bandung

Politeknik Manufaktur Bandung

Politeknik Manufaktur Bandung atau Polman merupakan Politeknik negeri terkemuka di Bandung bahkan Indonesia. Dulu disebut Poltek ITB. Beberapa lulusannya pun terkenal makmur karena bekerja di perusahaan minyak terkemuka di luar negeri (bisa diprediksi gajinya berapa :p)

Karena politeknik maka pembelajaran di Polman lebih mengutamakan praktik daripada teori. Denger-denger kuliahnya lumayan capek karena full praktik dan benar-benar belajar teknis di lapangan. Salut bagi mahasiswa perempuan yang kuliah di sini (apalagi jurusannya teknik pengecoran logam), berarti mereka termasuk perempuan tangguh dan super hehe..

Polman Bandung


FAKTA #1
POLITEKNIK PERTAMA DI INDONESIA
Tahu nggak, ternyata Politeknik Manufaktur Bandung merupakan politeknik pertama di Indonesia. Polman awalnya bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB), menjadi kampus hasil kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Swiss di tahun 1973. (Mirip-mirip sama STP NHI Bandung ya)

Polman memuliai perkuliahan pertama pada Januari 1976 dengan tiga program studi, yaitu: 
  • Teknik Pembuatan Perkakas Presisi
  • Teknik Pemeliharaan Mesin
  • Teknik Gambar dan Perancangan. 
PMS-ITB (Polman) diresmikan secara formal oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-Kebudayaan saat itu pada tanggal 24 maret 1977.


FAKTA #2
PUNYA PROGRAM STUDI DIPLOMA DAN DIPLOMA 4 DENGAN JURUSAN YANG BERKUALITAS DAN SPESIFIK
Polman mempunyai empat jurusan utama yaitu:
  1. Teknik Manufaktur (ME)
    Memiliki kompetensi dalam teknologi manufaktur, dies. Moulding, dies casting, jig and ficture dan mesin khusus. Sehingga mampu melayani proses manufaktur secara luas seperti industri-industri pembuatan produk dan bahan plastik, otomatif, manufaktur, elektronika, agro, pertambangan dan rekayasa.
  2. Teknik Perancangan Manufaktur (DE)
    Menyiapkan sumber daya manusia dalam bidang perancangan manufaktur yang menguasai teknologi manufaktur, inovatif, tanggap terhadap tantangan lokal, serta mampu bersaing dalam pasar global, dengan membangun dan mengembangkan pendidikan, pelatihan, konsultasi, rancang bangun dan produksi
  3. Teknik Pengecoran Logam (FE)
    Memiliki kompetensi inti dalam teknologi pengecoran logam mulai dari perancangan tuangan, pembuatan pola, proses peleburan, pengujian dan analisa bahan dan perlakuan panas. Sehingga mampu membuat komponen coran berkualitas tinggi bagi industri secara luas seperti industri otomotif, manufaktur, pertambangan dan alat berat. Ditawarkan layanan pembuatan komponen atau suku cadang coran yang dapat membantu kebutuhan industri.
  4. Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika (AE)
    Membekali lulusan dengan penguasaan dan penerapan teknologi rekayasa otomasi manufaktur dan mekatronika serta memenuhi standar kompetensi industri manufaktur. Melaksanakan pengembangan produk terapan pada bidang teknologi rekayasa otomasi manufaktur dan mekatronika. Melaksanakan kolaborasi dengan stakeholder pada bidang teknologi rekayasa otomasi manufaktur dan mekatronika.

Dari empat fakultas/jurusan utama tersebut, detail prodi yang ada di Polman adalah:

Program studi Diploma Tiga/D-3 yang ada di Polman Bandung adalah:
  1. D-3 Teknik Pembuatan Perkakas Presisi
  2. D-3 Teknik Pemeliharaan Mesin
  3. D-3 Teknik Mekanik Umum
  4. D-3 Teknik Perancangan Perkakas Presisi
  5. D-3 Teknik Perancangan Mekanik Umum
  6. D-3 Teknik Pengecoran Logam
  7. D-3 Teknik Mekatronika

Sedangkan program studi Diploma Empat/D-4 yang ada di Polman Bandung adalah:
  1. D-4 Teknik Mesin dan Manufaktur
  2. D-4 Perancangan Manufaktur
  3. D-4 Konsentrasi Teknologi Foundry
  4. D-4 Teknologi Rekayasa Otomasi
Diploma empat ditempuh dalam 8 semester atau 4 tahun dan bergelar Sarjana Sains Terapan (S.Tr). Sedangkan diploma tiga (D-3) ditempuh dalam 6 semester atau tiga tahun dan bergelar Ahli Madya (A.Md).

Salah satu jurusan yang cukup menarik menurut saya adalah Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika atau disingkat Jurusan TOMM atau Jurusan AE (Automation and Mechatronics Engineering). Jurusan AE menjadi jurusan termuda dari keempat jurusan yang ada di Polman Bandung, sekaligus menjanjikan dan cukup sesuai dengan industri yang berkembang saat ini. 

FAKTA #3
POLITEKNIK MANUFAKTUR BANDUNG MENJALIN KERJA SAMA INTERNASIONAL DENGAN KAMPUS LUAR NEGERI 
Kerja Sama Polman dengan Mitra Luar Negeri


Sebagai Politeknik pertama di Indonesia, Polman banyak melakukan kerja sama dan menjalin mitra dengan berbagai organisasi dan kampus di luar negeri di antaranya universitas di Malaysia, Taiwan, Eropa dan negara Asia lain. Kerja sama ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan menjadi upaya peningkatan kompetensi dari berbagai kampus berkualitas di seluruh dunia.

FAKTA #4
TERDAPAT 4 (EMPAT) JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLMAN
Terdapat 4 (empat) jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yaitu jalur:
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk jenjang Diploma Tiga (D-3) dan Diploma Empat (D-4);
  • Seleksi Bersama Politeknik Negeri (SBMPN) untuk jenjang Diploma Tiga (D-3);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk jengang Diploma Empat (D-4);
  • Jalur Mandiri untuk jenjang Diploma Tiga dan Diploma Empat (D-3 & D-4)
Tiap jalur punya syarat dan teknis seleksi yang berbeda. Untuk jalur SNMPTN menggunakan seleksi nilai rapor dan prestasi akademik/nonakademik. Sedangkan SBMPN, SBMPTN dan jalur mandiri menggunakan seleksi tes tertulis. Tiap jalur tes masuk juga mempunyai jadwal yang berbeda sehingga teman-teman bisa mengikuti beberapa seleksi jika belum lolos.

For your information, penerimaan mahasiswa baru Polman Bandung jalur SNMPTN tahun 2022 sudah dibuka untuk jenjang D-3 & D-4 dari tanggal 14-28 Februari 2022. Hasil SNMPTN Polman akan diumumkan tanggal 29 Maret 2022. 


FAKTA #5
POLMAN BERLOKASI DI PUSAT KOTA BANDUNG (DAGO)
Polman berlokasi di wilayah Dago, dekat banget kalau mau ke pusat kota Bandung. Temen-temen nggak usah khawatir mati gaya kalau lagi libur kuliah karena di Dago tempat nongkrong banyak. 

Kabar terbaru, pemerintah akan membangung Kampus 2 Polman di kawasan strategis Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) yang telah menjadi Proyek Strategis Nasional. Kampus Polman 2 direncanakan akan dibangun di Majalengka guna mendukung suplai SDM unggul untuk mengembangkan kawasan strategis nasional Rebana.


Ada syarat khusus nggak kalau mau daftar kuliah di POLMAN?
Ada dong, berikut ini syarat khususnya:
  • Pastikan TIDAK BUTA WARNA untuk semua program studi.
  • Pastikan TIDAK CACAT FISIK (ANGGOTA FISIK LENGKAP) yang dapat mengganggu kegiatan proses belajar mengajar untuk semua program studi.
  • Tidak memalsukan data, bagi pendaftar yang sengaja maupun tidak sengaja memalsukan data dan melanggar persyaratan diatas, dianggap GUGUR (tidak lulus).
Berapa biaya kuliah di POLMAN?
Karena termasuk perguruan tinggi negeri, biaya kuliah Polman variatif menyesuaikan dengan penghasilan orang tua/wali mahasiswa atau jalur penerimaan yang ditempuh. Bahkan bagi mahasiswa bidik misi, biaya kuliah bisa gratis s.d. Rp500 ribu per semester. Sebagai gambaran, biaya/besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester berada  di kisaran Rp2 juta s.d. Rp 9 juta tergantung golongan.

KONTAK
  • Alamat: Jl. Kanayakan No.21, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135 
  • Telelpon/phone : (022) 2500241
  • Email : sekretariat@polman-bandung.ac.id
  • FB: Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
  • IG: @polman_negeri_bandung
  • Youtube: POLMAN BANDUNG

-Semoga Bermanfaat-

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! 5 Info Penting Politeknik Manufaktur Negeri POLMAN Bandung"