Friday, 1 June 2012

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia  (STPI) Curug


Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug) 
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia  (STPI) Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI  Curug terletak di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya STPI Curug memiliki 4 (empat) jurusan pendidikan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.

Kurikulum dan silabus pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh STPI Curug mangacu pada standar nasional (Departemen Pendidikan Nasional RI) dan internasional (International Civil Aviation Organization = ICAO), sehingga diharapkan setiap lulusan STPI Curug mampu untuk bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pola pendidikan dan pelatihan bagi setiap peserta didik, mengacu pada pola pendidikan akademis, fisik, mental dan kedisiplinan. Sehingga diwajibkan bagi setiap peserta didik untuk tinggal di Asrama selama diklat berlangsung dengan pengawasan para pembimbing.
Akademik

Program diklat yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah program pendidikan profesional, yaitu memberikan kesiapan penerapan keahlian profesional dalam bidang yang berkaitan dengan penerbangan. Dalam melaksanakan program diklat tersebut, STPI dibawah Departemen Pendidikan Nasional sebagai pembina akademik dan Departemen Perhubungan sebagai pembina teknis fungsional.

KURIKULUM
Penyelenggraan diklat pada STPI dilaksanakan atas dasar kurikulum yang disusun sesuai dengan sasaran program studi, dengan berpedoman pada kurikulum nasional yang diatur oleh Menteri Pendidikan Nasional. STPI menetapkan mata kuliah untuk setiap program studi, yang tersusun atas Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK).
Beban studi Taruna/i setiap program studi ditentukan dengan jumlah kredit. Bobot mata kuliah dalam kegiatan akademik diukur dengan Satuan Kredit Semester (SKS), sedangkan penyelenggaraan perkuliahan didasarkan atas Sistem Kredit Semester (SKS).

PENILAIAN HASIL BELAJAR
  • Penilaian terhadap kegiatan, kemajuan dan kemampuan Tarun/i dilakukan secara berkala yang berbentuk ujian, pelaksanaan tugas dan pengamatan oleh Dosen serta Pembimbing Taruna/i.
  • Pelaksanaan ujian diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi dan ujian tugas akhir serta ujian akhir program profesional yang dilakukan oleh lembaga di bawah naungan Departemen Perhubungan.
POLA KEHIDUPAN KAMPUS
Setiap peserta diklat yang dilaksanakan di Kampus STPI , selama mengikuti diklatnya akan tinggal di dalam kampus (Asrama). Hal ini dimaksudkan agar setiap peserta diklat dapat mengikuti pola diklat pembentukan mental, fisik dan disiplin serta mudah dalam pengawasan.
Selama tinggal di Asrama, para Taruna/i akan dijaga dan diawasi terus menerus oleh Pembimbing Taruna/i  yang telah ditunjuk oleh Ketua STPI untuk melaksanakan tugas tersebut.

PENYELENGGARAN DIKLAT
Meliputi kegiatan akademik, pembinaan mental dan moral serta pengembangan kreaivitas

Pembinaan Mental
Masa Dasar Pembinaan mental dan Orientasi Matra Dirgantara (MADABINTAL dan ORMATDIRGA) berlangsung selama dua minggu di awal masa  diklat yang berisi kegiatan :
a. Pengenalan Baris Berbaris dan Program Pembinaan Mental
b. Pengenalan lingkungan kampus
c. Pengenalan matra dirgantara
d. Pembekalan tata kehidupan asrama
e. Penjelasan peraturan tata tertib

Pembinan Disiplin
Menggunakan instrumen Peraturan Tata Tertib Taruna/i (PTTT) dengan sistem angka kesalahan. Apabila Taruna/i melakukan kesalahan akan diberi sanksi berupa angka dengan rentangan 1- 100, setelah melaui pentahapan peringatan pertama (angka 25), kedua (angka 50) dan ketiga (angak 95), maka Taruna/i dapat diberhentikan dari pendidikan jika angka kesalahannya mencapai 100 atau lebih.

Pendidikan dan pelatihan
Kegiatan diklat terdiri dari berbagai macam kegiatan tergantung dari program studi yang diikuti, antara lain :
a. Teori dan praktek di Kampus STPI
b. Praktek lapangan pada bandar udara di seluruh wilayah Indonesia, perusahaan penerbangan, perusahaan pengelola bandara atau instansi lainnya
c. Terbang Cross Country bagi penerbang

Pengembangan Kreativitas
Pengembangan kreativitas Taruna/i STPI diarahkan pada kegiatan ekstrakurikuler,antara lain :
a. Marching Band / Drum Band
b. Aeromodeling
c. Olah raga (renang, sepak bola, futsal, volley, basket, bulutangkis)
d. Kesenian (tari, paduan suara, band)
Mendidik dan melatih Taruna menjadi Penerbang berkualifikasi Commercial Pilot Licence (CPL), Multy Engine (ME) dan Instrument Rating (IR).

Terdiri dari 3 Program Studi :
a. Program Studi Penerbang Sayap Tetap
b. Program Studi Penerbang Sayap Putar
c. Program Studi Flight Operation Officer (FOO)/Operasi Pesawat Udara

Fasilitas Diklat
KELAS DAN LABORATORIUM
Setiap jurusan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia memiliki fasilitas kelas dan laboratorium masing-masing. Kelas dan laboratorium yang ada merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh Taruna/i di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Jurusan Penerbang
Ruang Kelas : 9 ruangan
Laboratorium :
- Radio Telephony
- Aircraft Link Simulator jenis TB-10, Sundowner dan TBM-700 


Jurusan Teknik Penerbangan 
Ruang Kelas : 13 ruangan 
Laboratorium : 
- General Workshop 
- Sheet Metal Shop 
- Gas Turbine Engine Shop 
- Aircraft Instrument Shop 
- Hydraulic Shop 
- Welding Shop
- Electronic Shop 
- Digital Shop 
- NDB/VOR/DME Shop 
- Electrical Machinery Shop 
- Electrical Installation Shop 
- Air Conditioning Shop 
- Electrical Shop 
- Physic Shop 
- Airport Lighting Shop 
- Generator Set Shop 
- Computer Shop 
- Drawing Shop 


Jurusan Keselamatan Penerbangan 
Ruang Kelas : 15 ruangan 
Laboratorium : 
- ATC Simulator 
- Junior ATC Laboratory 
- Senior ATC Laboratory 
- ATC Radar Laboratory 
- Kendaraan PKP-PK 
- AMSS Laboratory 
- Computer Laboratory 


Jurusan Manajemen Penerbangan 
Ruang Kelas : 5 ruangan 
Laboratorium : Laboratorium Komputer 


Selain kelas dan laboratorium tiap-tiap jurusan di atas STPI juga memiliki Laboratorium terbuka yaitu Bandara Budiarto sebagai sarana diklat yang mengkondisikan keadaan sesungguhnya dari suatu Bandar udara. Fasilitas lain laboratorium adalah Laboratorium Bahasa dengan kapasitas 30 orang. Rencana pengembangan laboratorium di tahun 2007 ini adalah pengadaan laboratorium untuk jurusan Penerbang dan Teknik Penerbangan berbasis komputer (CBT = Computer Based Training) yang dapat diakses tidak hanya di lingkungan STPI tetapi juga dapat diakses melalui internet. 


PESAWAT LATIH
Pesawat latih yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia terdiri dari jenis : 
Single Engine 
- SUNDOWNER C-23 
- PIPER DAKOTA PA-28 
- TOBAGO TB-10 
Multi Engine 
- BEECHRAFT BARON B-58 
- BEECHRAFT BARON B-58P 


PERPUSTAKAAN 
Perpustakaan STPI Curug di bawah Unit Dokumentasi dan Perpustakaan yang berfungsi mendukung kegiatan belajar, mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi Taruna dan Dosen STPI Curug. 

Terletak bersebelahan dengan Asrama Taruna menjadikan kemudahan akses bagi seluruh civitas akademika Kampus Curug untuk mengunjungi Perpustakaan STPI Curug. 

Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini berjumlah 3199 judul buku dengan jumlah buku sebanyak 5939 eksemplar. Terdiri dari buku literatur berbahasa Indonesia dan berbahasa inggris, majalah, hasil penelitian dan buku-buku pengetahuan umum disamping dokumen-dokumen yang diterbitkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO). 

Sesuai dengan pekembangan teknolog informasi, saat ini sedang direncanakan untuk melengkapi perpustakaan dengan teknologi audio visual dan perpustakaan digital. Selain itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas Hotspot Area di lingkungan perpustakaan untuk kemudahan akses internet bagi pngunjung perpustakaan.

Petunjuk Pendaftaran Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia  (STPI) Curug 2012/2013


Kontak
Informasi lengkap mengenai Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) - CURUG, dapat menghubungi kami di alamat:

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
Bandar Udara BUDIARTO
Jl. Raya PLP Curug Tangerang
PO Box 509 TNG Tangerang 15001
Telp. 021-5982204/05
Fax. 021-5982234
Email : stpi@stpicurug.ac.id


0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife