Wednesday, 7 November 2012

Daftar Sekolah Olahraga/ Sekolah Atlet di Indonesia (SMP/SMA Negeri Olahraga)



Setiap manusia pasti diberikan anugerah oleh Alloh SWT dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang diberikan kecerdasan logika dengan IQ yang tinggi, kecerdasan emosional dan spiritual dengan kepribadian yang luar biasa atau kemampuan kinestetis, born to be an athlete. Hal ini seharusnya menjadi perhatian bagi para orang tua agar jeli melihat potensi setiap anak. Kecerdasan secara kognitif kadang menjadi patokan prestasi setiap orang tua dan seringkali membanding-bandingkan prestasi akademik anaknya sendiri dengan orang lain. Padahal, anak yang tidak menonjol dalam hal akademis tidak boleh dicap anak bodoh, karena bisa jadi ia memiliki kecerdasan di bidang lain seperti olahraga. 

Sekolah-sekolah khusus calon atlet nasional dan internasional di Indonesia masih sedikit jumlahnya. Sekolah tersebut baru tersebar di pulau Jawa dan Sumatera, diantaranya SMA Olahraga Ragunan, SMA Olahraga Jawa Timur, SMA Olahraga Riau dan SMA Olahraga Sriwijaya di Palembang. 

Jl. Pondok Jati Utara, Desa Pagerwojo - Buduran - Sidoarjo
Telp./ Fax (031) 8929182 email uptsmanorjatim@yahoo.co.id website : http://uptsmanorjatim.sch.id

UPT SMANOR JATIM merupakan satu-satunya SMA Negeri di wilayah Jawa Timur yang melaksanakan proses belajar mengajar sesuai kurikulum SMA Reguler dan mendidik serta melatih anak-anak yang mempunyai bakat istimewa di bidang olahraga. Dualisme pembelajaran yang sama-sama penting dan diharapkan mampu mencetak atlet-atlet yang handal dan berpendidikan tinggi. 

Cabang olahraga yang ditekuni di SMA olahraga Jatim diantaranya Atletik, Judo, Gulat, Renang, Selam, Pencak silat, Sepak Takraw, Karate, Panjat Tebing dan Voli Pantai. 

Bagi Siswa UPT SMANOR yang diterima/ yang dinyatakan lulus akan diberikan previlage yang luar biasa yaitu :
- Mendapat uang saku setiap bulan
- Seragam Sekolah Lengkap
- Seragam Olahraga Lengkap
- Asrama Siswa
- Makan/ Konsumsi Standar TC



SMA Negeri Olahraga Riau terletak di Jl. Yossudarso (Rumbai), Pekanbaru, Riau. Sebagai tuan rumah PON tahun 2012,  Riau memiliki follow up program, memajukan olahraga dengan mencetak atlet-atlet handal putera dan puteri Riau.

Semua biaya pendidikan di SMA olahraga Riau ditanggung oleh pemerintah Provinsi Riau. Sistem belajar di SMA olahraga tentu berbeda karena terdapat porsi khusus untuk latihan di masing-masing olahraga.

Untuk masuk menjadi siswa SMA olahraga ini, akan dilakukan seleksi. Cabang olahraga yang ditekuni diantaranya cabang Sepak Takrawa, Pencak Silat, Dayung, Bola Kaki, Voli, Atletik dan-lain-lain.

Untuk proses Penerimaan siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA) Olahraga Riau secara resmi terbuka untuk umum mulai tahun ajaran 2009/2010. Awalnya, SMA Olahraga Riau hanya menerima sebanyak 63 orang siswa untuk dua local.

SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya berdiri pada tanggal 20 Juli 2005. Sekolah ini terletak di Jalan Maluku V Kompleks Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang Sumatera Selatan. Telp 07117538491. Sama halnya dengan sekolah olahraga lain, di sekolah  ini dipadukan antara sistem pembelajaran sekolah reguler dan latihan khusus untuk mengasah ketangkasan calon atlet.

Sekolah Atlet Ragunan diresmikan pada tanggal 15 Januari 1977 di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah Ragunan mempunyai visi yaitu mengahasilkan anak bangsa yang unggul dalam prestasi olahraga dan akademik berdasarkan iman dan taqwa melalui bimbingan dan pelayanan yang prima.

Sekolah Olahraga Ragunan Jakarta Selatan adalah satu dari lima sekolah olahraga di Indonesia, yaitu di Aceh, Sidoarjo, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Ragunan Jakarta Selatan. Di sinilah ratusan atlet junior ditempa latihan dan perestasi akademisnya.

Sejumlah atlet yang mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional pernah bersekolah di sana. Sebut saja Susi Susanti, Yayuk Basuki, frederika Girsang, dan masih banyak lagi. 

Siswa yang bersekolah dapat bersekolah di sana adalah siswa yang memiliki potensi besar di sejumlah cabang olahraga. Misalnya atletik, angkat besi, taekwondo, renang, basket, bola voli, senam, sepatu roda, anggar, tinju, buku tangkis, tennis, loncat indah, pencak silat, bilyard, gulat, judo, squash, dan sepak bola.

Bila tertarik, informasi pendaftaran dan formulir dapat dilihat di www.kemenpora.go.id atau dapat menghubungi Unit Kerja Asdep Pembibitan Olahraga, Gd. Graham Pemuda & Olahraga, lantai IV, Senayan, Jakarta. Telp./fax. 021-5738572. Seleksi dalam penerimaan siswa yang memiliki potensi dalam bidang olahraga pada sekolah ini meliputi :

· Seleksi Berkas Administrasi Pendaftaran
· Tes Kesehatan
· Tes Psikologi
· Tes Kemampuan Fisik & Tes Keterampilan Cabang Olahraga

Perlu diingat dalam tahap seleksi, sekolah ini menerapkan sistem gugur. Jadi, bagi yang ingin mengikuti seleksi di sekolah ini diharapkan untuk mempersiapkan segalanya sebelum proses seleksi dilaksanakan.

Sama seperti di Riau, pembentukan sekolah olahraga di Kaltim dibentuk seiring dengan penyelenggaraan PON di sana. SKOI adalah sekolah yang menyinergikan pelatihan dan pembelajaran. Proses perekrutan dilakukan oleh Dispora setempat dengan mencari bibit unggul olahragawan dari 14 kabupaten/kota. Kurikulum pembelajaran SKOI sama dengan sekolah umum lainnya. Yang berbeda adalah waktu belajar mereka menyesuaikan dengan jadwal latihan olahraga. 

SKOI hanya punya kuota maksimal 112 siswa sehingga akan ada degradasi bagi atlet yang tidak mencapai target atas penilaian kinerja selama proses pelatihan. Terkait penilaian, SKOI mempunyai target dan jadwal pelatihan yang ditentukan pelatih. Jika tidak mencapai target,  siswa harus bersedia meninggalkan sesi pelatihan sesuai perjanjian awal
-
SMA Negeri 9 Tunas Bangsa banda Aceh merupakan sekolah menengah di bidang olahraga yang mempunyai visi "Menciptakan Olah Ragawan yang Unggul,Cerdas, Sportif berlandaskan Iman dan Taqwa"

Selain itu, misi SMA ini dikutip dari webnya adalah :
  1. Meningkatkan mutu akademis dan prestasi Atlit
  2. Melaksanakan pembinaan Atlit secara kontinue dan berjenjang
  3. Mengembangkan cabang-cabang olahraga unggulan
  4. Menjalin Kerjasama dengan Intansi Terkait dalam peningkatan mutu pendidikan dan olahraga
  5. Menyelenggarakan olimpiade olah raga, dalam rangka mencari bibit-bibit unggul.
Cabang olahraga yang ditekuni siswa-siswinya diantaranya ( 9 Cabang Olah Raga) Atletik, Sepak Bola,Pencak Silat, Karate, Taekwondo,Bola Volly,Bola Basket,Kempo dan Bulu Tangkis.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) ternyata mempunyai program khusus untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas atlet asli Jabar yaitu dengan mendirikan SMA Olahraga.  
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat Otji S Wiharhadi menyatakan, keberadaan SMU Olahraga akan bisa mendukung program pembinaan ataupun upaya mencetak atlet serta pakar di bidang olahraga. 

Rencananya, SMA Olahraga akan didirikan seiring dengan berdirinya Sport Center Jabar di kawasan Arcamanik, Bandung. 

SMA Olahraga tidak akan menyingkirkan atau menghapus pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Sebab, PPLP adalah program andalan dari Pemerintah Pusat untuk dijalankan di tiap daerah. 

Program PPLP selama ini diandalkan tiap daerah, termasuk Jabar untuk menyiapkan dan mengasah kemampuan para atlet di tingkat usia dini dan remaja. Para peserta PPLP nantinya diproyeksikan untuk membela daerah maupun negara di berbagai kejuaraan baik bersifat multi event maupun kejuaraan tunggal.

Sumber :
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594572/cetak-atlet-jabar-dirikan-sma-olahraga dan berbagai sumber lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Designed Lasanta- Samanta | www.bloggertipandtrick.net BLOGGER - Blogger Cumi |Single Man Who Need Sholehah Wife